Latest Updates

Tips Menghadapi Anak Yang Susah Makan

Kadang sebagai orang tua kita direpotkan dengan tingkah laku anak-anak kita yang tidak suka makan, padahal tujuan kita sebagai orang tua agar anak menjadi sehat dan terus berkembang tentunya.
Banyak ibu mengeluh soal anak yang nggak doyan makan atau sulit untuk diajak duduk tenang ketika waktu makan. Ada saja cara anak untuk menolak makan mulai dari menyemburkan makanan yang disuapi, menutup mulut rapat-rapat hingga berlari sana sini. Nah, kamu bisa mencoba menerapkan cara berikut untuk mengatasi masalah anak sulit makan.

Budayakan Waktu Makan Bersama
Cara yang paling efektif untuk mengajak anak makan adalah dengan memberikan contoh yang baik. Luangkanlah waktu untuk kamu bisa makan bersama anak karena saat makan bersama anak belajar untuk bisa duduk tenang dan menikmati makanan yang tersedia.
Pilihlah salah satu dari waktu makan, misal mengajak anak dan suami untuk sarapan bersama. Saat sarapan, kamu bisa menyediakan makanan favorit anak yang simpel. Misal, roti isi keju. Manfaat lain dari membiasakan ritual makan bersama bisa menciptakan ikatan yang kuat dengan anak.


Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan
Ketika makan, usahakan untuk bisa membuat suasana makan yang menyenangkan. Jangan membiasakan diri dengan mengomeli anak karena membuat meja makan berantakan. Sebaiknya kamu menciptakan suasana makan yang penuh keceriaan. Biarkan anak belajar untuk makan sendiri meski berantakan. 
Jangan memaksa anak bilamana anak tidak menghabiskan makanan yang kamu sediakan. Tetapi sebaliknya, dukunglah anak dengan melontarkan kalimat positif agar anak termotivasi untuk bisa menghabiskan makanannya. Misal, katakan pada anak, "Ibu akan sangat senang kalau kamu bisa menghabiskan omelet buatan ibu, lho."

Mengenalkan Semua Makanan
Salah satu kesalahan yang tidak disadari oleh orangtua yang membuat anak tidak doyan makan adalah kebiasaan menyisihkan makanan yang tidak disukai anak. Padahal untuk membuat anak suka makan, sebaiknya sejak dini kenalkan semua jenis makanan. Biasakan akan tertarik dengan makanan baru. Kamu bisa mengajak si kakak atau ayah untuk memberikan contoh saat menyantap menu barunya. Dengan begitu si kecil akan tertarik untuk mencicipi makanan baru dan anak mendapatkan pengetahuan akan variasi makanan serta kandungan gizinya.

Perangkat Alat Makan yang Menarik Perhatian
Hal lain yang juga perlu ibu siapkan agar anak melahap makanan adalah dengan menyiapkan perlengkapan makan yang menarik. Karena selain menu yang lezat, anak juga akan si kecil akan doyan makan bila melihat piring, sendok, mangkok dan gelas dengan gambar yang menarik. Seperti produk feeding set yang dimiliki Philips, bisa menjadi pilihan untuk ibu saat mulai akan mengenalkan makanan padat pertamanya. Bentuknya yang menarik dan bahan yang aman untuk anak ditambah dengan gambar serta warna yang menarik, bisa membantu kamu untuk mengatasi untuk mengatasi masalah anak sulit makan. Selamat mencoba ya, Bu.
Itulah beberapa tips agar anak anda yang susah makan menjadi mau untuk makan. Selamat mencoba ya Bu!

3 Responses to " Tips Menghadapi Anak Yang Susah Makan "

  1. anak saya banget nih mas.
    akhir2 ini susah makan nih,akan saya coba menerapkan tips-tips yg diberikan nih.makasih sharingnya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis