Latest Updates

Pengertian Hukum Dari Beberapa Ahli

Hukum mempunyai arti bermacam-macam tergantung dari tempat dan waktu dimana hukum tersebut berlaku. Oleh karena itu pengertian hukum sangat beragam tergantung pada tenpat dimana hukum berlaku dan waktu kapan hukum itu berlaku. Dari pengertian hukum yang beragam iinilah ada baiknya dikemukakan pengertian hukum yang diajukan oleh beberapa ahli, diantaranya:
  1. Prof.Dr.Mochtar Kusumaatmadja,S.H.LLM dan Dr.B.Arief Siddarta,S.H yang menyatakan bahwa hukum adalah perangkat, kaidah-kaidah dan asas-asas yang mengatur kehidupan manusia dalam masyarakat.
  2. Dr.E.Utrech,S.H. menyatakan bahwa hukum adalah kumpulan peraturan-peraturan (perintah dan larangan) yang mengurus tata tertib suatu masyarakat dan karena itu harus ditaati oleh masyarakat.
  3. Prof.Dr.Satjipto Rahardjo,S.H menyatakan bahwa hukum adalah norma yang mengajak masyarakat untuk mencapai cita-cita serta keadaan tertentu, tetapi tanpa  mengabaikan dunia kenyataan dan oleh karenanya digolongkan ke dalam norma kultur.
  4. J.C.T.Simorangkir,S.H., Drs.Rudy T.Erwin,S.H dan J.T Prasetyo,S.H menyatakan bahwa hukum adalah peraturan-peraturan yang bersifat memaksa yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat, yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib, pelanggaran terhadap peraturan-peraturan tadi berakibat diambilnya tindakan.
  5. Mudjiono,S.H. menyatakan bahwa hukum adalah keseluruhan aturan tingkah laku manusia dalam pergaulan hidup berbangsa dan bernegara, baik tertulis maupun tidak tertulis yang berfungsi memberikan rasa tenteram dan akan berakibat diberikannya sanksi bagi yang melanggarnya.
Itulah beberapa pengertian hukum menurut para ahli hukum tata negara.

0 Response to " Pengertian Hukum Dari Beberapa Ahli "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis