Latest Updates

Inilah Cara Membentuk Sikap Optimis Pada Anak Kita

Setiap anak dilahirkan dengan kondisi dan watak yang berbeda-beda. Contoh saja say memiliki dua anak laki-laki semua. Dari kedua anak saya tersebut sifatnya tidak ada yang sama. Kadang yang satu sifatnya manja akan dan tidak optimis. Yang satu lagi anaknya mandiri dan selalu optimis.
Menjadikan anak untuk berpikiran selalu optimis sebenarnya tidaklah sulit. Mereka hanya perlu mencontohkan perilaku positif orangtua saja.

Berpikir positif membawa dampak baik bagi semua hal, baik itu kesehatan, pikiran, kehidupan sosial, dan perkembangan mental anak. Berpikir positif membuat anak menjadi optimistis dan membantu menangkal depresi.
Berikut ini adalah tips membantu anak agar selalu optimistis.
  1. Mencontoh anak-anak
    Sikap optimistis tidak datang tiba-tiba. Apabila Anda adalah pribadi yang pesimistis, maka orangtua perlu mencontoh sikap anak-anak yang tidak pernah berpikir gagal. Apabila anak Anda tipikal yang berani mencoba, jangan patahkan semangat mereka karena sifat pesimistis orangtuanya. 
  2. Mulai dari diri sendiri
    Anak-anak yang besar di lingkungan keluarga depresi atau negatif akan melihat dunia dari kaca mata negatif. Jika Anda melihat diri sendiri cenderung seperti itu, mulailah mengubah sikap. Sebab, orangtua merupakan role model bagi anak. 
  3. Ajarkan anak bicara pada diri sendiriMenggunakan teknik self-talk dapat membantu mereka mengatasi ketakutan. Apabila anak takut dengan pelajaran matematika, ajari mereka memotivasi diri sendiri. Bantu anak mengatakan, "Aku bisa mengatasi rumitnya soal matematika." Keyakinan diri membuat diri lebih optimis.
  4. Jaga sikap di hadapan anakOrangtua memiliki masalah tersendiri dalam hidup, sehingga mereka kerap mengeluh. Cobalah menahan diri untuk tidak mengeluh di depan anak. Secara tidak langsung sikap ini bakal ditiru anak. 
Itulah beberapa cara membentuk anak kita agar bisa bersikap optimis jangan psimis.
Sumber : okezone.lifestyle.com

4 Responses to " Inilah Cara Membentuk Sikap Optimis Pada Anak Kita "

  1. orang tua harus dapat memberikan contoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas deny saya setuju dg anda

      Delete
    2. orang tua yang baik tidak hanya bisa memberitahu tapi juga memberikan contoh ya kan mas :)

      Delete
  2. mungkin anak itu sikapnya ga bakalan jauh dari orang tua ya mas, jadi sebagai orang tua perlu memberikan contoh yang positif seperti sikap optimis..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis