Latest Updates

Contoh Kultum Tema Hidup Bertetangga

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillahirobbil'alamin Wabihi nasta'inu 'ala umuriddunnya waddin wa'ala alihi waashabihi ajma'in amma ba'du.
Yang saya mulyakan bapak dewan guru, dan teman-teman seperjuangan dan seakidah yang kami cintai. Hanya dengan nikmat serta anugerah dari Allah kita bisa bertatap muka dalam acara kuliah tujuh menit, yang sekian lama sudah berlangsung tertib. Maka hal semacam ini patut sekali kita syukuri agar kita termasuk hamba Allah yang benar-benar mensyukuri segala kenikmatan yang kita terima.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad saw., karena dengan menyebarnya ajaran Islam ini, kita bisa memilih jalan yang benar dan bisa pula menjauhi jalan yang sesat, berkah hidayah dari Allah swt.
Hadirin sekalian yang saya hormati.
Konsep Islam perlu sekali diterapkan dalam kehidupan bertetangga. Sehingga pergaulan terhadap tetangga bisa harmonis. Dan memang berbuat baik terhadap tetangga merupakan hal yang disyariatkan Islam. Oleh karena itu orang-orang beriman harus mampu menciptakan rasa hormat, mencintai, menyayangi terhadap tetangga. Dan jangan sekali-kali menyakiti tetangga, baik dengan omongan maupun perbuatan.
Jadi berbuat baik kepada tetangga harus benar-benar menjadi kenyataan dalam kehidupan, agar kita bisa dibilang orang beriman kepada Allah yang sesungguhnya.
Nabi saw bersabda yang artinya:
"Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaknya berbuat baik kepada tetangganya. (HR.Bukhori dan Muslim).
Hadirin sekalian yang saya hormati.
Agar kita termasuk umat Islam yang baik menurut pandangan Allah, maka berbuat baiklah kepada teman, maupun tetangga.
Dan perbuatan baik yang kita lakukan tersebut hendaklah karena Allah semata. Bukan pamrih, tidak ingin disanjung dan dipuji.
Hadirin sekalian yang saya hormati.
Tidak sedikit kita jumpai dalam hidup bertetangga yang jahat, maka langkah apa yang perlu kita terapkan untuk menghadapi tetangga jahat? Tiada lain langkah yang perlu diterapkan untuk menghadapi tetangga yang jahat adalah dengan kesabaran yang sangat mendalam. Jadi pendek kata, bahwa tetangga yang jahat tidak boleh dibalas dengan kejahatan.
Hadirin yang saya hormati.
Kiranya sampai disini dulu jumpa kita melalui mimbar kultum ini, semoga kita mampu menerapkan ajaran Islam yang sesungguhnya dalam kehidupan ini, sehingga kita mampu pula bergaul dengan tetangga yang sebaik-baiknya.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

15 Responses to " Contoh Kultum Tema Hidup Bertetangga "

  1. mencerahkan, dalam bertetangga harus saling bersikap baik

    ReplyDelete
  2. Cocok ini untuk kultum, tidak terlalu panjang materinya

    ReplyDelete
  3. sejuk dan adem banget kultum hidup bertetangganya, jika semua melaksanakan kultum diatas niscaya kebahagiaan hakiki bakal didapatkan dong yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gan, mudah mudahak kita bisa melaksanakannya

      Delete
  4. Muantappp juga kang kultumnya kalau saja ini kultumnya diupdate waktu bulan puasa pasti saya akan coba menyampaikannya.

    ReplyDelete
  5. bener itu kang yang jahat jgn di bales jahat. bales dengan kebaikan aja biar malu.

    ReplyDelete
  6. wee ada Hadisnya juga....ngomong-ngomong Mas Admin banyak tahu soal kitab ya...?

    ReplyDelete
  7. betul mas, tetangga merupakan orang yang paing dekat dengan kita, dan jelas kita membutuhkan mereka, maka itu kita harus menjaga hubungan baik dengan tetangga

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis