Latest Updates

Penderita Penyakit Kronis Ada Harapan Sembuh Dengan Ini!

Saat ini banyak sekali orang yang mengalami penyakit kronis, penyebabnya juga banyak terutama pola hidup serta pola makan. Terlalu banyak makanan yang kita makan mengandung bahan kimia, pengawet dan zat kimia lainnya yang dapat merusak ogan tubuh kita.
Bahkan berbagai penyakit kronis sering kehilangan harapan. Namun, kehadiran stem cell membuka peluang kesembuhan penyakit berbahaya. Salah satunya kelainan tulang.

”Caranya dengan cangkok stem cell,” jelas Kepala Instalasi Pusat Bank Jaringan dan Sel RSUD dr Soetomo dr Heri Suroto SpOT(K) dilansir Jawa Pos (induk JPNN.com), Jumat (17/4).


Dia mencontohkan kelainan tulang pseudarthrosis. Itu adalah patah tulang yang tidak akan sembuh tanpa intervensi tertentu. Biasanya penderita penyakit tersebut memerlukan operasi hingga lebih dari lima kali. Itu pun belum menjamin kesembuhan.

Tindakan yang dilakukan, tulang yang sakit dipotong, lalu diganti tulang orang lain. Tujuannya, transplantasi. Setelah itu, tulang diisi stem cell sehingga kembali hidup dan sembuh. Ada juga penyakit osteoporosis (keropos tulang). Jika diketahui lebih dini, tulang yang disuntik stem cell bisa meregenerasi.

Dia mengungkapkan, saat ini pengembangan stem cell dalam taraf pelayanan berbasis riset. Menurut Heri, pengembangan stem cell dibagi dalam dua kelompok. Bedah dan nonbedah. Tindakan bedah menggunakan pendekatan tissue engineering atau rekayasa jaringan. Untuk nonbedah, hanya terapi sel. Yakni, menyuntikkan stem cell di organ tujuan yang terganggu.

Heri menambahkan, RSUD dr Soetomo juga ditunjuk Kemenkes sebagai pusat pengembangan stem cell. Rumah sakit rujukan nasional itu menjadi satu di antara tiga institusi yang memiliki bank jaringan. Dua lainnya adalah Bank Jaringan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan RS Djamil Padang.

 ”Di antara tiga ini, RSUD dr Soetomo terbesar dan paling lengkap produksinya,” ujarnya.
Semoga bermanfaat. Source jpnn.com.

0 Response to " Penderita Penyakit Kronis Ada Harapan Sembuh Dengan Ini! "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis