Latest Updates

Jangan Beri Anak Mainan HP, Smartphone atau Sejenisnya!

Berapa usia anak anda, apakah anda termasuk orang tua yang terlalu sibuk sehingga memberikan anak mainan yang sangat modern berupa smartphone. Memang kadang anak-anak kita diberi mainan seperti ini yang penting kerjaan kita tidak terganggu, dan anak tidak menangis. Akan tetapi perlukah itu? Mari kita simak bersama-sama:
Berapa usia anak yang tepat saat harus diberikan telepon genggam? Pada kenyataannya pertanyaan tersebut selalu menjadi perdebatan antara orangtua. Psychotherapist dan penulis buku The Self Aware Parent, Frand Walfish, Psy.D. mengatakan, usia minimal anak memiliki handphone adalah 10, namun idealnya adalah 12 atau 13 tahun.
Sharon Silver, pendiri dari Proactive Parenting, mengatakan pada Yahoo Parenting, ada beberapa pertanyaan yang baiknya Anda tanyakan pada diri sendiri dahulu, sebelum memberikan anak handphone.
  1. Apakah teman-temannya banyak yang sudah memiliki handphone?
    "Anda pasti tak ingin anak Anda jadi satu-satunya yang tak memiliki handphone dan merasa berbeda dengan temannya," ujar Silver. Di saat yang sama, Anda merasa anak Anda masih terlalu kecil untuk memiliki handphone. Cobalah pertimbangkan kembali dengan melihat suasana pergaulan anak Anda.
  2. Apakah anak akan setuju bila diberi peraturan menggunakan hadphone?
    Banyak orangtua yang memberlakukan peraturan agar anak dapat membagi waktu antara pekerjaan rumah, dan waktu bersama Anda sebagai orangtua. Namun, jika anak susah diatur, dan kehadiran handphone malah menjadi bahan perdebatan dengan orang tua, pikirkan kembali keputusan untuk memberi handphone pada anak.
  3. Apakah anak Anda benar-benar membutuhkan?
    Pertimbangkanlah kembali hal-hal seperti jika usia anak masih sering didampingi oleh orang dewasa, atau anak yang tidak menghabiskan banyak waktu selain di sekolah atau di rumah. "Cobalah bertanya pada diri Anda sendiri. Apakah anak membutuhkan handphone, atau justru anak hanya butuh menggunakan handphone? Kalau hanya butuh menggunakan handphone, ia bisa meminjamnya pada Anda sebagai orangtua dan mengembalikan jika sudah selesai," ujar Silver.
  4. Apakah anak akan setuju bila diberi peraturan menggunakan hadphone?
    Banyak orangtua yang memberlakukan peraturan agar anak dapat membagi waktu antara pekerjaan rumah, dan waktu bersama Anda sebagai orangtua. Namun, jika anak susah diatur, dan kehadiran handphone malah menjadi bahan perdebatan dengan orang tua, pikirkan kembali keputusan untuk memberi handphone pada anak.
  5. Apakah handphone yang Anda beri akan awet?
    Menurut Silver, anak-anak seringkali lupa dan menghilangkan barang pribadinya. Ini adalah tanda anak belum siap mengemban tanggung jawab. Jika hilang, berapa kali Anda harus mengganti handphone mereka?

Pikirkanlah kembali untuk memberikan handphone pada anak di usia mereka yang masih terbilang muda. Banyak siasat yang bisa Anda kerahkan, salah satunya adalah menjelaskan secara baik-baik akan batas usia kapan anak bisa memiliki handphone sebagai barang pribadi mereka beserta alasan yang masuk akal. (KC)
Thanks: tribunews.com

0 Response to " Jangan Beri Anak Mainan HP, Smartphone atau Sejenisnya! "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis