Latest Updates

Meriahnya Peringatan HUT RI di Desa Purwasari

Peringatan HUT RI di Desa Purwasari begitu meriah, hal ini terbukti dari berbagai kegiatan di masing-masing dusun yang diadakan.
Diawali dengan kegiatan Upacara HUT RI yang diadakan di Lapangan Suksara Jaya Desa Purwasari, upacara berjalan begitu khidmat, sebagai inspektur Upacara beliau Bpk.Parijo,S.Pd (Kepala SD Negeri Purwasari 04)
Peserta upacara adalah :
  1. RA MAsitoh Purwasari
  2. PAUD Al-Ikhsan Pudaksari
  3. MI Ma'arif Purwasari
  4. SDN Purwasari 02 
  5. SDN Purwasari 03
  6. SDN Purwasari 04
  7. SDN Purwasari 05
  8. MTs Ma'arif Purwasari
  9. Segenap RT dan RW se Desa Purwasari
  10. Aparatur Desa Purwasari
  11. Kelompok Pemuda dan
  12. Tokoh Masyarakat se desa Purwasari.
Berikut beberapa lensa kegiatan Upacara detik-detik proklamasi desa purwasari tahun 2017:

Group Drumband MTs Ma'arif Purwasari Wanareja

Pengibaran sang merah putih


Paskibraka bersama Ibu Kepala MTs Ma'arif Purwasari

Peserta Upacara dari SD dan MI Se Desa Purwasari















Informasi PLPG Guru Madrasah Tahun 2017

Bagi guru Madrasah yang sudah masuk Nominator dalam Aplikasi Simpatika tentu merasa sedikit bahagia, karena sebentar lagi akan dipanggil dalam Pendidikan dan Latihan profesi Guru atau biasa yang disebut PLPG. Dengan mengikuti PLPG tentunya nantinya guru akan menjadi sejahtera.
Untuk Tahun ini Kementerian Agama mengalokasikan kuota 7.500 guru madrasah di Tahun 2017 untuk mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Suyitno mengatakan, kuota PLPG yang dimiliki tahun ini sebanyak 7.500 guru terdiri atas 4.000 guru Mata Pelajaran Umum, 3.000 guru Mata Pelajaran agama dan 500 untuk guru MAN Insan Cendekia.

“Jumlah tersebut mengalami pengurangan sebesar 50% karena adanya efisiensi anggaran yang dilakukan Kementerian Agama,” ujar Suyitno saat kegiatan Koordinasi Program Sertifikasi Guru dan Beasiswa S2 Guru Madrasah Tahun 2017 di Bogor (2407).Peserta kegiatan tersebut merupakan para Kepala Bidang Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam dan para Dekan/Ketua Rayon perguruan tinggi penyelenggara sertifikasi guru baik Perguruan Tinggi Umum (PTU) maupun Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Suyitno berharap, melalui kegiatan ini dapat didiskusikan secara serius beberapa ketentuan baru melalui down to top sehingga mampu menghasilkan kebijakan yang nantinya akan tertuang dalam penyusunan nota kesepahaman antara Kementerian Agama dan Perguruan Tinggi yang akan menjadi mitra penyelenggara.

“Pola PLPG yang akan dilaksanakan khusus untuk guru madrasah tahun ini tidak dengan menggunakan basis nilai UKG mengingat Kementerian Agama belum memiliki kebijakan untuk melaksanakan hal ini,” ungkap Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang ini.

Kepala Seksi Bina Guru MI/MTs Fahmi menambahkan, saat ini jumlah calon peserta sertifikasi yang sudah mendaftarkan diri melalui SIMPATIKA sebanyak 24.711 guru. Jumlah tersebut nantinya akan dialokasikan sesuai dengan ketentuan menjadi data shortlist untuk selanjutnya ditetapkan melalui Keputusan Dirjen Pendidikan Islam.

“Data peserta yang sudah ditetapkan akan diserahkan kepada perguruan tinggi mitra untuk dilakukan verifikasi portofolio,” kata Fahmi.

Fahmi mengatakan, sesuai dengan rencana yang telah disusun Direktorat GTK Madrasah, pelaksanaan MoU antara Kemenag dan Perguruan Tinggi Mitra akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Adapun kegiatan PLPG akan dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2017. Ia berharap, kepada para calon peserta PLPG untuk mempersiapkan diri secara optimal mengingat instrumen penilaian PLPG tahun ini lebih sulit dan kompleks karena akan dipantau langsung oleh mentor khusus untuk tagihan portofolio per individu guru.
Demikian Informasi PLPG bagi guru Madrasah di Lingkungan Kementrian Agama, semoga bermanfaat.

Inilah Bahaya Tidur Terlalu Lama Saat Akhir Pekan (Weekend)

Setelah kita beraktifitas atau bekerja selama sepekan tentu membuat tubuh kita sangat kelelahan, sehingga kadang ada beberapa orang yang memanfaat waktu akhir pekannya dengan melakukan tidur lama.
Seperti yang dilansir oleh laman www.jpnn.com mengenai bahaya tidur terlalu lama di akhir pekan ini memang perlu anda waspadai.
Tidur lama di akhir pekan tentu menjadi hal yang sayang untuk dilewatkan. Namun, studi baru-baru ini menemukan bahwa orang yang tidur lama di akhir pekan lebih rentan terhadap penyakit jantung.

Temuan ini menunjukkan, tidur dan bangun lebih lama pada akhir pekan dikaitkan dengan peningkatan 11 persen pada kemungkinan penyakit jantung.
Lonjakan jet sosial juga menyebabkan kesehatan lebih buruk, mood lebih buruk, serta kantuk dan kelelahan yang meningkat.
"Hasil ini menunjukkan bahwa keteraturan tidur, melebihi durasi tidur saja, memainkan peran penting dalam kesehatan kita," kata pemimpin penulis Sierra B. Forbush, seorang asisten peneliti di University of Arizona di AS, seperti dilansir laman India Times, Selasa (25/7).

"Ini menunjukkan bahwa jadwal tidur yang teratur lebih efektif, relatif sederhana, dan pengobatan pencegahan penyakit jantung yang tidak mahal, serta banyak masalah kesehatan lainnya," imbuh Forbush.
Menurut rekomendasi American Academy of Sleep Medicine, orang dewasa harus tidur tujuh atau lebih jam per malam secara teratur untuk meningkatkan kesehatan optimal.

Untuk penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini di jurnal Sleep, tim tersebut menganalisis tanggapan survei dari 984 orang dewasa berusia antara 22 dan 60 tahun.
Laju serangan sosial dinilai dengan menggunakan kuesioner waktu tidur dan dihitung dengan mengurangkan hari kerja dari titik tengah tidur akhir pekan.
Secara keseluruhan kesehatan dilaporkan menggunakan skala standar, dan pertanyaan survei juga menilai durasi tidur, insomnia, penyakit kardiovaskular, kelelahan dan kantuk.
Sumber: jpnn.com

Tips Aman Saat Mudik Kampung

Mudik adalah suatu kegiatan tahunan yang dilakukan oleh sebagian besar Indonesia, terutama menjelang hari raya Idul Fitri (lebaran) untuk pulang kampung atau menemui saudaranya di kampung atau sebaliknya.
Adapun kalau kita mudik harus berhati-hati, karena ramainya dan adatnya kendaraan sehingga menimbulkan kemacetan dimana-mana.
Akan tetapi saya punya trik agar mudik anda itu aman. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan agar aman saat mudik ke kampung halaman tercinta:
  1. Gunakan waktu yang aman, janagn siang hari bolong anda berangkat mudik karena pada saat siang hari anda perlu beristirahat, bukan malah melakukan aktifitas yang melelahkan.
  2. Jika sudah jarak jauh jangan lupa untuk istirahat di pinggir jalan atau di rest area yang saat ini sudah banyak.
  3. Jangan terlalu banyak membawa beban atau barang bawaan, karena bsa mmebahyakan diri kita.
  4. Jika anda pulang kemalaman naik motor jangan sendirian, bergerombollah biar aman, soalnya biasanya penjahat melakukan aksinya pada saat ada orang yang mengendarai sepeda motor di jalan yang sepi dan sendirian.
Itulah empat tips aman dalam perjalanan anda menuju kampung halaman, semoga bermanfaat.

Revisi UU ASN Pasti Dibahas, Honorer Yang Sabar Ya!

Bagi sebagian besar Honrer K2 sudah biasa menglami kekecewaan akibat jadwal kegiatan yang ditund-tunda. Sudh biasa Honorer K2 mendengar berita yang seperti ini.
Walaupun begitu, Honorer K2 dan pegawai tidak tetap (PTT) masih menaruh harapan besar meski kecewa ‎berat dengan batalnya jadwal pembahasan revisi UU Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 5 Juni.

Mereka optimistis, jadwal revisi UU ASN akan ada dalam waktu dekat ini.

‎"‎Dengan ditundanya rencana pembahasan revisi UU ASN di Baleg, kami korwil tetap positif thinking akan terjadwalkan dalam minggu-minggu ini. Mengingat pembahasan revisi UU ASN bersifat tentatif," kata Korwil Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Jawa Tengah ‎Ahmad Saifudin‎ kepada JPNN, Minggu (4/6).

Revisi UU ASN adalah satu-satunya produk hukum dari legislatif yang bisa memayungi keberadaan honorer K2 dan PTT untuk bisa menjadi PNS.‎

Oleh karena itu, lanjut Ahmad, pihaknya tetap menaruh harapan besar kepada wakil rakyat di Baleg untuk segera menyelesaikan tugas mulia ini.

"‎Kami berharap rekan-rekan yang lain untuk tetap bersabar dalam memahami perubahan jadwal tersebut. Seluruh honorer K2 harus tetap tenang dan memercayakan sepenuhnya kepada anggota dan pimpinan Baleg. Mari kita jaga kekompakan dalam satu hati satu visi satu tujuan yaitu menjadi PNS," bebernya.

Sementara itu Kapoksi Baleg DPR RI Bambang Riyanto memastikan, revisi UU ASN akan tetap dibahas.

Apa pun nanti hasil pembahasannya dengan pemerintah, DPR RI akan tetap pada komitmen memerjuangkan honorer K2 dan PTT menjadi PNS.
Source: jpnn.com

Bolehkah Orang Fasik Menjadi Wali Nikah?

Bolehkah orang Fasik menjadi Wali Nikah anak perempuannya? Apabila tidak boleh, maka siapakah yang berhak menjadi wali atas pernikahan ini? Hakim ataukah yang lainnya?
Jawab: Seorang fasik karena tidak mengerjakan salat fardu atau karena lainnya, menurut mazhab , tidak sah menjadi wali menikahkan anak perempuan nya. Tetapi menurut pendapat kedua (al-qauluts-tsani) sah menjadi wali nikah.
Keterangan:
Sebagaimana tersebut di dalam kitab al-Qulyubi 'Alal Mahalli Juz III: yang artinya:
"Menurut mazhab (Syafi'i yang pertama) orang fasik tidak boleh menjadi wali. Sedang menurut al-Mahalli, pendapat kedua, bahwa orang fasik boleh menjadi wali, karena orang-orang fasik pada masa Islam pertama tidak dilarang untuk mengawinkan.

Menu Sahur Agar Tidak begah Di Perut

Menu Sahur Agar Tidak begah Di Perut - Kadang kalau kita makan sahur terasa malas dan rasanya juga tidak enak, jika hal ini anda rasakan ya wajar saja, soalnya ditengah malam anda sedang nyenyak tidur anda harus bangun untuk makan sahur.  Kadang juga membuat perut kita menjadi begah. 
Tapi jangan khawatir, jika anda ingin nikmat dalam makan sahur, ikuti menu dibawah ini dan rasakan bedanya. Selamat mencoba yah!
Agar perut nggak begah atau mual saat sahur, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari pemilihan menu makanan hingga jenis minuman yang dikonsumsi. Selengkapnya, yuk kita bahas menu sahur seperti apa sih yang aman dan nggak bikin perut begah atau mual.

Perbanyak Air Putih dan Buah Segar Kaya Serat
Makan sahur itu bukan cuma asal kenyang saja. Apalagi kalau kamu tak terbiasa makan pagi, jadi memang langsung makan nasi dan asal kenyang saat sahur malah bisa bikin begah dan mual. Untuk menyiasatinya, kamu bisa coba siapkan menu sahur dengan perbanyak air putih dan konsumsi buah segar kaya serat seperti buah apel. Bisa juga ditambah dengan konsumsi kurma secukupnya. 

Jangan Konsumsi Minuman Berkafein atau Bersoda
Minum kopi, teh, atau minuman berkafein lainnya malah bisa membuatmu dehidrasi. Selain itu bisa membuat pencernaan tak nyaman. Hindari juga minuman bersoda karena kandungan gasnya yang tinggi tak baik untuk perut. Selain kopi, hindari juga minum sari buah sitrus, susu full krim, bahkan teh saat sahur karena minuman tersebut bisa merangsang produksi asam lambung.

Batasi Konsumsi Makanan Pedas atau Berlemak
Makanan yang terlalu pedas bisa memicu asam lambung tinggi sehingga perut bisa terasa perih. Sementara itu, makanan berlemak juga kurang baik dikonsumsi saat sahur karena bisa membuat perut terasa begah. Menu sahur yang kaya serat jauh lebih baik dari yang pedas dan berlemak.

Kurangi Aneka Gorengan dan Makanan Berminyak
Terlalu banyak makan gorengan, perut bisa begah karena kandungan lemaknya bisa bertahan di perut dalam waktu lama. Kurangi juga konsumsi makanan berminyak agar asam lambung tak naik. Sedikit makan kerupuk atau tempe goreng tak masalah kok asal diimbangi juga dengan konsumsi buah serta sayur sehat yang cukup.

Yang pastinya juga jangan makan sampai perut kekenyangan saat sahur. Ingat aturannya ya, 1/3 isi perut untuk makanan, 1/3 untuk minuman, dan 1/3 sisanya untuk udara. Dengan begitu, puasa pun jadi lebih lancar dengan menikmati menu sahur sehat tanpa kenyang berlebih.
Semoga ibadah puasa anda lancar. Amin

Tips Berpuasa Dihari Pertama Agar tetap Bugar

Biasanya puasa di hari pertama identik dengan kondisi tubuh lemas, karena tidak biasa melakukan hal ini. kan tetapi sebenarnya ada beberapa trik dan tips agar puasa di hari pertama ini tetap sehat dan bugar, berikut penjelasannya sesuai yang saya kutip dari laman www.vemale.com.
Kuatkan Niat
Yang pertama dilakukan agar selalu semangat dan mantap berpuasa adalah kuatkan niat. “Inna a’amalu binniyat (semua amal tergantung niatnya).” Selama kita memiliki niat yang kuat, menahan lapar dan haus juga nafsu lainnya tentu akan sangat mudah untuk dilakukan. Kalau kamu berniat dengan sungguh-sungguh dan yakin tak akan lemas, kamu pun tak akan lemas.

Sahur Dengan Menu Tepat & Bernutrisi
Sahurlah dengan menu yang tepat dan bernutrisi tinggi. Usahakan memperbanyak konsumsi sayur dan protein agar energi dalam tubuh terjaga dengan baik. Jangan sahur terlalu banyak karena ini justru bisa membuat kamu kekenyangan dan mudah ngantuk. Sahur secukupnya saja dengan menu yang bernutrisi tinggi.

Istirahat Cukup
Pastikan untuk memiliki istirahat cukup saat malam. Tidur cukup dan jangan sampai menghabiskan waktu buat begadang untuk hal-hal yang tak penting. Jika begadang digunakan untuk ibadah, ini boleh. Tapi ingat, ibadah pun harus tahu waktu dan menjamin waktu istirahat tercukupi dengan baik.

Sibukkan Diri dengan Aktivitas Seperti Biasa
Usahakan untuk menyibukkan diri seperti biasa. Jangan biarkan pikiranmu dibebani oleh kenyataan bahwa kamu sedang berpuasa, tidak boleh makan dan tidak boleh minum. Terus berpikir bahwa kamu sedang berpuasa justru akan membuatmu lemas, lemah dan kurang semangat. Kesibukan seperti biasa akan membantu kamu dapatkan hari-hari yang lebih menyenangkan dan ringan.

Jangan Menunggu Waktu Berbuka
Hindari terlalu menunggu waktu berbuka. Jalani hari dengan santai dan tanpa terlalu sering menengok jam juga memastikan untuk tahu kapan waktu berbuka. Menunggu-nunggu waktu berbuka justru akan membuatmu semakin capek, lelah dan lemas.

Minum Air Putih & Cukupi Kebutuhan Gula Saat Sahur
Penuhi kebutuhan air putih dan glukosa untuk tubuh secara cukup. Hindari konsumsi berbagai makanan yang mengandung garam terlalu lebih. Makanan mengandung garam akan membuat kamu mudah dan cepat merasa haus, lemas serta lapar.

Sikat Gigi Setelah Sahur
Pastikan untuk sikat gigi yang bersih setelah sahur. Gigi dan mulut yang bersih akan bantu kamu dapatkan kenyamanan juga kesegaran tersendiri selama berpuasa. Ini juga membantu kamu terhindar dari rasa lemas, tidak nyaman dan mulut asam selama berpuasa.

Itulah beberapa tips agar puasa pertama anda tetap lancar.

Contoh Kultum Tema "Mengucapkan Salam"

Assalamu'alaikum Wr.Wb. Innallhamdalillah, lahaulawala kuwwata illa billah, 'amma ba'dah.
Yang saya hormati,...................... beserta.................. dan hadirin yang berbahagia. Untuk mengawali jumpa kita lewat mimbar kuliah tujuh menit ini, maka marilah kita sejenak memuja dan memuji kehadirat Allah SWT, biqaulina Alhamdulillahirobbil'alamin, akhirnya pada kesempatan yang berbahagia ini kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat, tanpa ada halangan suatu apapun.
Salawat serta salam, marilah kita sanjungkan kepada baginda nabi agung Muhammad SAW, nabi yang selalu kita harapkan besok safaatnya fi yaumil kiyamah, Alohumma Amin ya RAbbal Alamin.
Hadirin sekalian yang berbahagia.
Semua orang tentunya mendambakan, bahwa diakherat kelak kita bisa masuk surga. Karena surga merupakan kediaman yang penuh dengan berbagai kenikmatan yang abadi. Dan untuk mencapai ke surga tidaklah hanya ditempuh dengan seenaknya saja dalam hidup ini. Padahal hamba Allah yang bisa masuk surga, adalah hamba yang beriman dengan sesunguhnya. Dan untuk mencapai iman atau hamba itu disebut beriman, maka haruslah saling mencintai sesama saudara. Kemudian langkah apa yang perlu diterapkan agar orang itu bisa saling mencintai terhadap saudaranya? Langkah yang perlu kita terapkan dalam hidup agar benar-benar terjalin rasa cinta terhadap saudara ialah dengan menyapaikan ucapan salam diantara kita semua.
Dalam hal ini Nabi pernah bersabda, yang artinya:
"Kamu tidak akan masuk surga, sehingga kamu telah beriman, dan kamu tidak dianggap beriman, kecuali kamu saling mencintai. Maukah kamu saya tunjukan tentang sesuatu, yang apabila kamu kerjakan pasti kamu akan saling mencintai? Sampaikan salam diantara kamu". (HR.Muslim).
Ucapan salam merupakan perbuatan terpuji yang patut kita sampaikan kepada siapa saja, baik yang anda kenal, maupun yang tidak kita kenal. Dan ucapan salam itu merupakan perbuatan yang paling baik dalam Islam.
Hadirin yang berbahagia.
Dan perlu juga kita ketahui tentang tata cara mengucapkan salam, terhadap sesama muslim, baik yang kita kenal, atau yang tidak kita kenal.
  1. Hendaklah orang yang naik kendaraan memberikan salam kepada yang berjalan kaki.
  2. Hendaklah yang berjalan kaki memberikan salam kepada orang yang duduk.
  3. Hendaklah rombongan orang sedikit memberikan salam kepada rombongan orang banyak.
  4. Dan orang yang muda memberikan salam kepada orang yang lebih tua.
Itulah tata cara mengucapkan salam dalam syariat Islam. 
Demikianlah yang bisa kami sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf, wabilahitaufiq wal hidayah, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Jangan Sering Posting Foto Anak Kita Di Media Sosial

Saat ini banyak sekali aplikasi media sosial yang berkembang dio dunia maya, hal ini membuat kesibukan kita karena dengan adanya banyak aplikasi media sosial, seperti saya sendiri memiliki beberapa akun media sosial, seperti facebook, Whatsap, Yahoo, Gmail, BBM dll. Jika ini semua katif, coba mau kerja apa anda, setiap hari harus melototin itu android, kapan kita kerja dong! Lantas apa hubungannya dengan anak-anak. Ya tentu ada, jika kita sering memasang foto anak kita di media sosial tentu ada dampaknya, walau belum terasa. Seperti yang saya kutip dari lama ww.vemale.com, berikut liputannya.

Bukan bermaksud menakuti atau bikin paranoid. Hanya saja kita perlu lebih hati-hati lagi saat mengunggah atau menyebarkan info yang berkaitan dengan anak di media sosial. Pastinya kita juga nggak mau malah membahayakan si kecil karena kecerobohan kita kan.

Sebaiknya Tidak Mengunggah Foto Si Kecil Tanpa Busana

"Masih kecil ini, nggak apa-apalah foto tanpa busana."

"Kan lucu, lihat deh ngegemesin kan?"

Moms, sekalipun kelihatan lucu dan menggemaskan, sebaiknya jangan mengunggah foto si kecil yang telanjang atau tanpa busana. Khawatirnya nanti foto si kecil disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Sembunyikan Info Lokasi atau Keberadaan si Kecil

Zaman sekarang, para penculik dan orang yang berniat jahat bisa dengan mudah membuat dan menyempurnakan rencana jahatnya dengan bantuan media sosial. Saat mengunggah foto si kecil, sembunyikan info lokasi atau keberadaannya.

Tak Perlu Membuatkan Akun Khusus untuk Anak

Sepertinya jadi tren sendiri para orang tua membuatkan akun media sosial khusus untuk anak. Pakai nama anak lengkap dengan semua identitasnya. Meski maksudnya baik agar bisa selalu mendokumentasikan proses tumbuh kembangnya tapi jangan sampai nanti akunnya malah dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab yang berniat buruk terhadap buah hati tercinta.

Cegah Orang Asing atau Tak Dikenal Mengakses Akun Medsos Moms

Sebagai tindak pencegahan, batasi akses orang asing ke media sosial Moms. Buat pengaturan (setting) pribadi untuk akun media sosial agar tak ada orang asing atau yang tak dikenal mengetahui info yang Moms bagi di medsos. Intinya jangan sampai info yang Moms bagi malah berisiko disalahgunakan orang yang memiliki niat jahat.

Moms, saatnya untuk lebih bijak dalam menggunakan akun media sosial. Di zaman yang semua info bisa didapat dan diakses dengan mudah di dunia maya, kita perlu lebih berhati-hati saat sharing info-info yang bersifat personal.

Persiapan Apa Menjelang Puasa Ramadhan

Bagi keluarga saya Ramadhan adalah suatu ibadah yang sangat dinantikan, semua umat Islam juga pastinya. Karena bulan ramadhan merupakan bulan penuh ampunan, bulan penuh berkah. 
Apa saja yang anda persiapkan menjelang bulan Ramadhan ini, kalau keluarga saya sendiri yang harus dipersiapkan adalah Susu. 
Kenapa susu? Karena dengan mengkonsumsi susu, karena susu sangat bagus buat ketahanan tubuh kita, saat sahur sebaiknya kita minum satu gelas susu putih atau coklat. Sehingga besok nya tetap akan segar, sampai sore. Karena saya sudah buktikan sendiri.
Semua anak-anak saya juga saya latih minum susu atau perbanyak air minum putih ketika sahur. Sehingga siangnya tidak dehidrasi.
Itu saja persiapan saya di bulan Rtamadhan ini, semoga bermanfaat.

Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis