Latest Updates

LEBIJAKAN DAN KECERDASAN NABI ISA



Ketika diangkat menjadi rasul oleh Allah, Nabi Isa baru berusia 30 th. Namun, sebagai Nabi, ia sangat bijaksana dan cepat tanggap, meskipun umurnya masih muda. Sebagian di antara kaumnya tidak puas dan selalu berusaha mencari-cari kelemahannya. 
Pada suatu hari ada salah seorang dari mereka yang berkata, "Bagaimana mungkin engkau patut menjadi pemimpin kami? Umurmu masih terlalu muda"
Nabi Isa dengan tenang menjawab, "Tidak, saya sudah cukup tua bila dibandingkan dengan Nabi Ibrahim ketika baru dilahirkan".
Orang itu terdiam mendongkol. Namu, yang lainnya kurang puas. Orang yang kedua ini lantas berkata, "Dizaman kepemimpinan Nabi Zakariya, kehidupan disini sangat tentram, tetapi dimasa kenabianmu sekarag, banyak sekali terjadi kerusuhan." 

Tanpa sikap marah Nabi Isa berkata, "Memang betul, sebab dizaman Nabi Zakariya umatnya seperti saya, sedangkan dimasa sekarang umatku seperti engkau semuanya."
Kedua pembangkang itu tidak bisa berbicara lagi.
Pada kesempatan yang berbeda, seorang murid bertanya,"Apakah yang paling berharga bagi manusia?"
"Akal, kata Nabi Isa. "Sebab dengan akal manusia bisa mensejahterakan hidupnya." 
"Kalau tidak ada" ?Tanya murid.
"Sahabat yang mau memberkan nashat."
"Kalau tidak ada"?
"Harta yang dibanggakan"
"Kalau tidak ada?"
"Diam"
"Kalau tidak bisa diam?" 
"Mati," jawab Nabi Isa. Sebab Manusia jika tidak punya apa-apa, tetapi tidak bisa diam, biasanya mulutnya hanya akan dipakai untuk mengeluh dan dengki".
Demikianlah cara nabi Isa memberikan pengertian kepada para muridnya juga terhadap para sahabatnya yang disebut sebagai khawari.
Pernah pada suatu hari Nabi Isa bertanya kepada para sahabatnya, "Andaikata kalian melihat salah seorang saudaramu terbuka auratnya ketika tidak sadar, misalnya pada waktu sedang tidur, apakah yang kalian lakukan? Apakah akan kau tutupi aurat saudaramu itu, atau akan kau buka sekalian biar telanjang bulat? 
Para sahabat menjawab, "Selaku orang-orang yang waras, tentu saja akan kami tutupi supaya auratnya tidak kelihatan lagi. Masak akan kami buka sampai telanjang bulat?"
Nabi Isa lalu berkata,"Begitulah seharusnya sebagai orang-orang yang beradab. Tetapi mengapa apabila aib saudaramu terbuka, malah seringkali dibeberkan kemana-mana, bahkan ditambah dengan membongkar aib-aibnya yang lain? Apakah hal itu tidak berarti sama dengan menelanjangi saudaramu sendiri di muka masyarakat? Jika seseorang telah dibentangkan seluruh aibnya di tengah masyarakat, biasanya akan jadi nekad di dalam maksiat serta akan malu untuk kembali kepada masyarakat yang sopan. Karena itu, janganlah suka membongkar aib orang lain, apalagi membeberkannya hingga meluas kemana-mana. Orang yang mempunyai aib seharusnya diberi peringatan secara bijaksana agar mau bertobat."

0 Response to " LEBIJAKAN DAN KECERDASAN NABI ISA "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis