Latest Updates

HUBUNGAN ANTARA PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN UUD 1945

Proklamasi kemerdekaan memiliki hubungan yang erat, tidak dapat dipisahkan dan merupakan satu kesatuan dengan UUD 1945 terutama bagian Pembukaan UUD 1945. Proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945 mrupakan satu kesatuan yang bulat. Apa yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan suatu amanat luhur dan suci dari Proklamasi kemerdekaan17 Agustus 1945.
Makna Proklamasi kemerdekaan yaitu pernyataan bangsa Indonsia kepada diri sendiri maupun kepada dunia luar bahwa bangsa Indonesia telah merdeka, dan tidnakan-tindakan yang harus segera dilaksanakan berkaitan dengan pernyataan kemerdekaan itu, telah dirinci dan mendapat pertanggungjawaban dalam Pembukaan UUD 1945. Hal ini dapat dilihat pada:
  1. Bagian Pertama (Alinea pertama) Proklamasi kemerdekaan )"kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia") mendapat penegasan dan penjelasan pada alinea pertama sampai dengan alinea ketiga Pembukaan UUD 1945.
  2. Bagian kedua (Alinea kedua) Proklamasi kemerdekaan )"Hal-hal yng mengnai pemindahan kekuasaan ddan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya") yang merupakan amanat tindakan yang segera harus dilaksanakan yaitu pembentukan negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan termuat dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat.

Pembukaan UUD 1945 dengan batang tubuh UUD 1945 merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Apa yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 telah dijabarkan ke dalam pasal-pasal yang ada dalam Batang tubuh UUD 1945. Pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 dijelmakan dalam pasal-pasal Undang-undang Dasar 1945. Oleh karena itu, dapat pula disimpulkan bahwa Pembukaan UUD 1945 mempunyai fungsi atau hubungan langsung dengan pasal-pasal UUD 1945. Meskipun UUD 1945 mmepunyai hubungan yang tidak dapat dipisahkan dalam batang tubuh UUD 1945, namun antara keduanya mempunyai kedudukan yang terpisah. Hal ini dikarenakan bahwa Pembukaan UUD 1945 merupakan pokok kaidah negara yang mendasar (staats fundamental norm) yang tidak dapat dirubah oleh siapapun kecuali oleh pembentuk negara. Pembukaan UUD 1945 yang memiliki hakikat kedudukan hukum yang lebih tinggi dari pada pasal-pasal dalam batang tubuh UUD 1945. Sedangkan batang tubuh UUD 1945 yang merupakan penjabaran dari pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 memiliki sifat supel, artinya dapat mengikuti perkembangan zaman sehingga memungkinkan untuk dilakukan perubahan yang sesuai dengan perkembangan zaman.
Dengan demikian, jika kita mencermati hubungan antara Proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945 merupakan hubungan suatu kesatuan yang bulat, serta hubungan antara Pembukaan UUD 1945 dengan batang tubuh UUD 1945 yang merupakan hubungan langsung, maka dapat disimpulkan bahwa Proklamasi kemerdekaan mempunyai hubungan yang erat, tidak dapat dipisahkan dan merupakan satu kesatuan dengan UUD 1945.

12 Responses to " HUBUNGAN ANTARA PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN UUD 1945 "

  1. Pelajaran penting nih buat yg sedang belajar sejarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba, barang kali mba ida membutuhkan

      Delete
  2. Dulu waktu masih hapal dengan UUD 1945. sekarang sudah lupa semua :)

    Seperti yg telah diuraikan diatas UUD 1945 telah banyak berubah (diamandemen) dari aslinya karena harus mengikuti perkembangan zaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah nggak apal ya mas sony

      Delete
  3. Kalau ngomongin tentang sejarah indonesia saya jadi kangen sama guru pelajaran pkn waktu saya masih smk waktu itu gurunya kocak sih jadi ngangenin, tapi tidak hanya gurunya saja yang saya kangenin tapi pelajarannya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaadi pelajaraan kesukaan nya PKN ya gan

      Delete
  4. Ini pentingb banget untuk menunjang sarana belajar PPKN :) dulu saya suka googling tentang hubungan antara proklamasi dan kemerdekaan pada saat duduk di bangku kelas 11 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas Efendi ini memang penting biar kita tdk melupakan sejarah!

      Delete
  5. intinya proklamasi kemerdekaan adalah bagian dari undang undang dasar di negara ini ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak saya kudu jawab sendiri sih

      Delete
    2. Sabar kang yanto, sebentar lagi ada peringatan HUT Kemerdekaan RI, Siap lomba kan!

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis