LEMBAGA PENDIDIKAN
MA’ARIF NU
MTs MA’ARIF
PURWASARI
KECAMATAN WANAREJA
KABUPATEN CILACAP
Nomor :
......../MTs.MF/33.24/I/2013
Lamp :
1 bendel
Hal :
Permohonan Bantuan
Kepada
Yth.Bapak Bupati
Cilacap
Di Cilacap
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Dengan hormat,
Dengan ini kami mengajukan permohonan Bantuan
Rehabilitasi Ruang Kelas MTs Ma’arif Purwasari Kecamatan Wanareja Kab.Cilacap
kepada Yang terhormat Bapak Bupati Cilacap sebesar Rp.20.000.000,- (Dua Puluh
Juta rupiah).
Untuk lebih jelasnya tentang kegiatan dan
riancian penunjang KBM dapat dibaca dalam proposal terlampir.
Demikian Permohoan ini dibuat, atas
dikabulkannya permohonan ini diucapkan banyak terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Purwasari,25
Januari 2013
Mengetahui Kepala
Sekolah
Ketua Komite
H.A.TRISNO MAHFUDIN,S.Pd.I,M.Pd.I
Nip. –
Mengetahui
Kepala Desa Purwasari Camat Wanareja
....................................... RUMBARWOTO,S.Sos.,M.Si
NIP.19610529
198308 1 002
Tembusan Kepada Yth:
1.Kabag Pembangunan Setda Cilacap
2.DPKAD Kab.Cilacap
3.Kementerian Agama Kab.cilacap
4.Arsip
EMBAGA PENDIDIKAN
MA’ARIF NU
MTs MA’ARIF
PURWASARI
KECAMATAN WANAREJA
KABUPATEN CILACAP
KATA PENGANTAR
Pendidikan tentunya tidak
sekedar bagaimana mencerdaskan peserta didik tetapi bagaimana peserta didik mempunyai
kemampuan, ketrampilan untuk masa yang akan datang. Pendidikan diberikan agar
peserta didik kelak dapat mandiri sekaligus dapat beradaptasi, berguna bagi
lingkungan/masyarakat, nusa dan bangsa serta agama. Mengingat begitu pentingnya
pendidikan bagi peserta didik, maka pendidikan perlu ditangani secara serius
baik oleh orang tua, sekolah, masyarakat maupun pemerintah/pemerintah daerah.
Oleh karena itu pendidikan sangat memerlukan dana yang tidak sedikit guna
menopang kebutuhan sarana dan prasarana yang memadai, khusunya ruang kelas.
Dalam kondisi yang seperti
ini, apalagi daerah yang penduduknya miskin dan kemampuan sosial ekonominya
lemah, maka perkembangan dan prestasi peserta didk kita amatlah terhambat.
Masyarakat dan sekolah tidak dapat berbuat banyak apabila sudah menyangkut
masalah dana.
Pendanaan untuk melengkapi
sarana dan prasarana yang memadai menjadi sebuah persoalan yang sangat rumit.
Proyek rehabilitasi ruang kelas yang diadakan oleh Pemerintah daerah Kabupaten
Cilacap sangat membawa angin segar bagi MTs Ma’arif Purwasati Kec.Wanareja. Hal
ini disebabkan karena kemampuan Pendanaan dari Komite Sekolah sangatlah minim.
Kami mengharap semoga
bantuan ini dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan mutu pendidikan sesuai
dengan yang diharapkan oleh Orang Tua, sekolah dan masyarakat serta pemerintah
pada umumnya.
Purwasari,25
januari 2013
Kepala
Sekolah
MAHFUDIN,S.Pd.I,M.Pd.I
NIP. -
A.LATAR
BELAKANG MASALAH
Dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendiidkan Nasional menyebutkan bahwa ‘pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara’. Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan Nasional dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.
Setiap warga negara berhak
mendapatkan kesempatan meningkatkan pendidikan sepanjang hayat. Masyarakat
berhak berperan serta dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluais
program pendidikan. Masyarakat berkewajiban memberikan dukungan sumber daya
dalam penyelenggaraan pendidikan.
Dari uraian diatas, kami MTs Ma’arif
Purwasari Kec.Wanareja tertarik untuk ikut serta mesnukseskan program
pemerintah yaitu Wajib Belajar sembilan tahun (Wajar 9 tahun) yang perlu
mendapatkan fasilitas yang memadai dibanding sekolah lain.
B.TUJUAN
Meningkatkan partisipasi umat Islam
dalam melaksanakan tugas pendidikan guna membentuk manusia muslim yang beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlakul karimah, cerdas dan
trampil serta dapat melaksanakan paham ahlusunah wal jamaah dan
bertanggungjawab akan kelangsungan hidup bangsa dalam negara serta utuhnya
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
C.VISI
1. Menjadikan satuan pendidkan sebagai
lembaga yang terpercaya dan mampu menjadi perekat masyarakat dalam
penyelenggaraan pendidikan
2. Menjadikan satuan pendidikan sebagai
pengendali dan pelaksana supervisi dalam akuntabilitas penyelenggaraan
pendidikan
D.MISI
1. Mengarahkan, membantu dan membekali
peserta didik untuk diprsiapkan sebagai generasi yang solih dan solihah dengan
penanaman keagamaan, nilai-nilai sosial maupun nilai-nilai budaya guna
terwujudnya pengalaman nilai-nilai ahlakul karimah.
2. Mewujudkan peserta didik yang memiliki
skill, cakap, kreatif dan inovatif.
E.WAKTU
DAN TEMPAT BKM
Tahun Pelajaran 2012/2013 proses
kegiatan belajar mengajar MTs Ma’arif
Purwasari mendidik peserta didik sebanyak 184 anak, dilaksanakan pada waktu
pagi hari, yaitu pukul 07.00 sampai dengan pukul 13.30 WIB setiap hari kerja
(Senin s/d Sabtu).
F.PENUTUP
Besar harapan kami atas perhatian dan
partisipasi pemerintah daerah yang telah ikut mensukseskan program ini,
demikian juga peran serta semua warga masyarakat yang peduli terhadap
pendidikan.
Purwasari,25
Januari 2013
Kepala Sekolah
MAHFUDIN,S.Pd.I,M.Pd.I
NIP. –
BAB
I
PENGUSULAN
REHABILITASI RUANG KELAS
MTs
MA’ARIF PURWASARI KEC.WANAREJA KAB.CILACAP
TAHUN
2013
1.
Identitas
Sekolah :
a.
Nama
Sekolah : MTs Ma’arif Purwasari
b.
Alamat : Jl.Bendung Manganti Km.03
Kode Pos.53265
c.
Kecamatan
: Wanareja
d.
Kabupaten
: Cilacap
e.
Provinsi : Jawa tengah
f.
Jenjang
Akreditasi : Terakreditasi “B”
2.
Jenis
Usulan Kegiatan : Rehabilitasi
Ruang kelas
3.
Banyaknya : 1 ruang kelas
4.
Uraian
singkat mengenai pentingnya usulan dikaitkan dengan upaya meningkatkan mutu
pendidikan pada Madrasah dalam rangka Wajar 9 tahun. Dengan adanya kebijakan
pemerintah yang mencanangkan Wajar Dikdas 9 tahun serta adanya tuntutan
masyarakat terhadap pelayanan dunia pendidikan khususnya pendidikan dasar dan
menengah menuntut kesiapan institusi dan para pengelola pendidikan dalam
menyediakan berbagai sarana penunjang guna memenuhi tuntutan tersebut.
Kenyataan saan ini terjadi kesenjangan antara jumlah sarana dan prasarana
dengan jumlah siswa yang mengakibatkan rendahnya kualitas pelayanan pendidikan
dengan mutu pendidikan yang dihasilkan menjadi kurang memadai, oleh karena itu
menjadi suatu keharusan bagi setiap institusi dan pengelola pendidikan untuk
selalu meningkatkan sualitas layanan pendidikan kepada masyarakat. Oleh sebab
itu dukungan dari pemerintah, orang tua siswa dan masyarakat pada umumnya
sangat diharapkan.
Purwasari,25 Januari 2013
Kepala Sekolah
MAHFUDIN,S.Pd.I,M.Pd.I
NIP. –
BAB II
DATA PENDUKUNG LAINYA
A. Ruang Kelas dan Rombongan Belajar
Jumlah rombongan belajar masing-masing tingkat adalah
Kelas VII : 2 rombel Kondisi : Rusak ringan
Kelas VIII : 2 rombel Kondisi : Rusak berat
Kelas IX : 2 rombel Kondisi : Baik
Jumlah : 6 rombel
Jumlah rombongan belajar masing-masing tingkat adalah
Kelas VII : 2 rombel Kondisi : Rusak ringan
Kelas VIII : 2 rombel Kondisi : Rusak berat
Kelas IX : 2 rombel Kondisi : Baik
Jumlah : 6 rombel
B. Luas lahan
a. Luas tanah semuanya : 710 m2
b. Luas tanah yang digunakan : 351 m2
c. Bangunan lainnya : 109 m2
d. Areal lahan pengembangan : 250 m2
e. Status Tanah : Wakaf bersertifikat
C. Target dan Sasaran
a. Anak memiliki ruang belajar yang
nyaman dan memadai
b. Ketercukupan media sarana dan
prasarana kelas yang menyenangkan
c. Kualitas output pendidikan sehingga
lulusan MTs Ma’arif Purwasari dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lenbih
tinggi lagi
d. Komponen sekolah merupakan abdi negara
yang berdaya guna dan profesional
e. Pelayanan prima kepada wali murid,
masyarakat dan pemerintah.
Purwasari,25 Januari 2013
Kepala Sekolah
MAHFUDIN,S.Pd.I,M.Pd.I
NIP. –
BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan pekerjaan diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu paling lambat enam puluh hari kalender.
Waktu pelaksanaan pekerjaan diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu paling lambat enam puluh hari kalender.
B. Langkah-langkah Kegiatan
a. Tahap persiapan
b. Tahap pelaksanaan dan pengawasan
pekerjaan
c. Tahap pemeriksaan kualitas
d. Tahap pemeliharaan
C. Kepanitiaan
Komite Pembangunan yang bertanggungjawab atas kelancaran pelaksanaan rehabilitasi, keanggotaanya terdiri dari unsur dewn guru, komite sekolah, wali murid dan tokoh masyarakat sekitar. Adapun penjelasan mengenai susunan panitia tercantum dalam tables seperti berikut ini:
Komite Pembangunan yang bertanggungjawab atas kelancaran pelaksanaan rehabilitasi, keanggotaanya terdiri dari unsur dewn guru, komite sekolah, wali murid dan tokoh masyarakat sekitar. Adapun penjelasan mengenai susunan panitia tercantum dalam tables seperti berikut ini:
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Jabatan Dalam Panitia Rehabilitasi
Gedung
|
1
|
Mahfudin,S.Pd.I,M.Pd.I
|
Kepala
Sekolah
|
Penanggungjawab
|
2
|
H.A.Trisno
|
Ketua
Komite
|
Ketua
|
3
|
Bahrudin,S.Pd.SD
|
Kepala
TU
|
Sekertaris
|
4
|
Nastiti,S.Ag
|
Guru
|
Bendahara
|
5
|
H.Lasiman
|
Anggota
Komite
|
Anggota
|
6
|
H.Slamet
|
Anggota
Komite
|
Anggota
|
Purwasari,25 Januari 2013
Kepala Sekolah
MAHFUDIN,S.Pd.I,M.Pd.I
NIP. –
BAB IV
PENUTUP
Demikian proposal ini kami
sampaikan, harapan kami semoga Bapak Bupati Cilacap berkenan memberikan bantuan
ini kepada MTs Ma’arif Purwasari Kec.Wanareja. Sebagai salah satu pertimbangan
bapak dalam menyalurkan program bantuan ini, dengan ini kami sertakan /
lampirkan :
1. Profil Sekolah
2. Rencana Anggaran Belanja
3. Foto kopi Rekening BPD
4. Foto Kopi sertifikat tanah
5. Foto kopi Akte Pendirian Madrasah
6. Foto kopi Piagam Akreditasi
7. Foto kopi piagam-piagam prestasi
sekolah.
Purwasari,25 Januari 2013
Kepala Sekolah
MAHFUDIN,S.Pd.I,M.Pd.I
NIP. –
0 Response to " Contoh Proposal Rehabilitasi Ruang Kelas "
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.