Latest Updates

Tipe-tipe Kepemimpinan



Jika kita berbicara tentang "Official Leadership"  tipe-tipe kepemimpinan di dunia pendidikan dapat dibedakan menjadi empat tipe. Cara-cara seorang pemimpin melaksanakan kepemimpinannya berbeda-beda. 
Berdasarkan cara pelaksanaannya, ada empat tipe  kepemimpinan yaitu:

  1. Kepemimpinan otokratis,
    Tipe kepemimpinan seperti ini menunjukan bahwa seorang pemimpin seolah-olah memperlihatkan kekuasaanya sebagai pemimpin, sewenang-wenang.
  2. Kepemimpinan pseudo-demokratis,
    Pada tipe ini seorang pemimpin seolah-olah memakai topeng. ia berpura-pura demokratis, tetapi sesungguhnya ia bekerja dengan perhitungan, ia mengatur siasat agar kemauannya terwujud.
  3. Kepemimpinan "laissez-faire", 
    Tipe ini menghendaki supaya bawahannya diberikan banyak kebebasan. Ia berpendapat "Biarlah bawahannya bekerja sesuka hatinya, berinisiatif dan menurut kebijaksanaannya sendiri. Memberikan kepercayaan kepada bawahan.
  4. Kepemimpinan demokratis
    Semua bawahan bekerja untuk mencapai tujuan bersama. Semua putusan diambil melalui musyawarahdan mufakat serta harus ditaati. pemimpin menghormati dan menghargai pendapat para bawahannya.
    tipe kepemimpinan ini sangat baik diterapkan dimana saja.
    Bagimana menurut anda, jika anda seorang pemimpin termasuk tipe ke berapa anda?

Tipe-tipe kepemimpinan yang telah diuraikan diatas adalah tipe-tipe yang sangat berkaitan dengan sifat dan watak pribadi seseorang pemimpin, Tergantung pada situasi kematangan bawahan (terpimpin) yang akan dibinanya. Inilah yang disebut kepemimpinan situasional, yang disebut dengan situasi kematangan itu adalah kemampuan terpimpin, yang berunsur kemampuan pengetahuan dan kemampuan ketrampilan. Disamping itu tergantung pula pada kematangan kemauna terpimpin yang berunsur motivasi dari dalam dirinya dan keyakinan dirinya. Selain dari pada itu sangat tergantung pula pada sifat materi, waktu pelaksanaan dan tempat pelaksanaan itu sendiri.

Sumber : "Mengantar Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Baik"
Drs.Soekarto Indrafachrudi

2 Responses to " Tipe-tipe Kepemimpinan "

  1. terimakassih ilmunya , di tunggu kunjungan baliknya !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sama-sama Gan, Don't worry. I will Visit your blog.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis