Latest Updates

Kegunaan Pantun dalam Kehidupan


Mungkin terlintas dalam pikiran anda bahwa pantun dimasa sekarang tidak ada gunanya. Kita mempelajarinya hanya sekedar untuk menambah pengetahuan saja. Pendapat seperti itu justru salah besar.
Pantun merupakan hasil karya sastra asli bangsa Indonesia. Dimasa dahulu hampir kehidupan sehari-hari berkomunikasi sesama manusia dilakukan dengan berpantun. Ketika anak-anak bermain, mereka menggunakan pantun. Ketika para remaja berkumpul mereka selalu berpantun. Orang tua memberi nasihat pada anak-anaknya, mereka mengungkapkannya menggunakan pantun. Ketika menawarkan barang dagangannya, mereka pun menggunakan pantun. Hal ini menunjukan bahwa pantun merupakan hasil budaya masyarakat yang bernilai seni tinggi. Lewat pantun mereka dapat mengungkapkan perasaan gembira, sedih, kecewa, petuah, bahkan untuk menghibur hati.

Sebagai bangsa yang menghargai kebudayaan, maka kita wajib melestarikan semua kebudayaan Indonesia dari manapun asalnya. Kebudayaan itu tidak ternilai harganya. Oleh sebab itu, kita sebagai pewaris kebudayaan wajib melestarikan kebudayaan tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari. Jangan sampai budaya kita di curi oleh bangsa lain atau diakui bangsa lain.
Kita dapat menggunakan pantun dalam situasi dan kondisi masyarakat kita sekrang. Sebagai contoh pada acara pernikahan. Pernahkah andamemperhatikan ketika pihak pengantin pria menyerahkan pengantin pada pihak wanita? Kalau anda cermati, pembawa acara selalu menggunakan pantun dalam berbahasa. Meskipun bahasa pantun yang sekarang digunakan tidak sama persis dengan bahasa pantun waktu dulu. Akan tetapi, ciri-ciri pantun tetap harus dipenuhi.
Pantun yang digunakan dalam acara-acara biasanya saling menyambung. Artinya isi pantun yang pertama akan mendapat jawaban pada isi pantun yang kedua. Begitu seterusnya. Pantun yang seperti ini dinamakan berbalas pantun. 
Mungkin anda sering menonton Facebuker di slah satu Televisi Swasta di Indonesia, disitu sering dikeluarkan pantun-pantun, cuma bentuknya pantun jenaka.
Itulah beberapa kegunaan pantun yang dapat dewanku02.blogspot.com tulis, semoga bermanfaat.

0 Response to " Kegunaan Pantun dalam Kehidupan "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis