Latest Updates

Pengertian Resensi

Meresensi Buku Pengetahuan.
Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah karya atau buku. Tujuannya meresensi adalah untuk menyampaikan informasi kepada para pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya itu patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak. Dengan berbekal pengetahuan yang kita miliki dan buku-buku sumber yang ada, kita melakukan penilaian terhadap kualitas buku tersebut. Jadi, penilaian yang kita berikan harus memakai dasar yang kuat sehingga penilaian tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Hal yang perlu kita ingat bahwa memberikan penilaian tidak hanya mencari-cari kekurangan, tetapi betul-betul menyampaikan secara objektif dimana letak dan kekurangannya.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam meresensi buku adalah sebagai berikut :
  1. Jika hendak meresensi buku, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah mendata identitas buku tersebut. Hal-hal yang perlu diidentifikasi antara lain, judul buku, pengarang, tahun terbit, penerbit, kota terbit, jumlah halaman, ukuran buku dan nomor ISBN.
  2. Dalam membuat ikhtisar sebuah buku, kamu dapat berpijak pada tujuan penulisan dalam kata pengantar, urutan penyajian dalam daftar isi, dan gambaran isi buku secara umum dalam pendahuluan.
  3. Untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan buku, kamu perlu memahami buku tersebut secara mendalam.
  4. Kualitas isi dapat dilihat dari segi kebermanfaatan, kesahihan, keaslian tulisan, dan sebagainya.
  5. Penilaian terhadap aspek  kebahasaan, dapat dilihat dari efektif tidaknya kalimat yang digunakan (kesesuaian antara kata-kata atau kalimat yang digunakan dengan masyarakat pemakai buku) dan gaya penyajiannya.

0 Response to " Pengertian Resensi "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis