Latest Updates

PENGETAHUAN DASAR STATISTIKA

Sebelum kita membahas tentang data statistik, terlebih dahulu akan dipelajari definisi statistik dan statistika, Kita mungkin pernah mendengar perkataan statistik dan statistika. Pada umumnya orang tidak membedakan antara statistik dan statistika.Oleh karena itu disini akan dibahas pengertian dari kedua istilah tersebut.
PENGERTIAN STATISTIK
Kata statistik dapat diartikan sebagai kumpulan angka – angka mengenai suatu masalah, sehingga dapat memberikan gambaran mengenai masalah tersebut. Biasanya kumpulan data tersebut sudah di susun dalam sebuah tabel. Contohnya statistik kecelakaan lalu lintas berisi angka – angka mengenai banyaknya korban kecelakaan lalu lintas menurut jenis korbannya, seperti luka ringan, luka berat, dan korban meninggal. Dan masih banyak lagi contohnya seperti statistik pertanian, statistik penduduk dan lain sebagainya. Kata statistik  juga diartikan sebagai suatu ukuran yang dihitung dari sekumpulan data dan merupakan wakil dari data itu.
Misalnya :
1. Rata rata berat badan dari mahasiswa yang mengikuti kuliah ini adalah 50 Kg
2. 75% dari mahasiswa yang mengikuti kuliah ini berasal dari kota A.

3. Kecelakaan lalu lintas itu kebanyakan de sebabkan karena kecerobohan Pengemudi.
Dalam hal ini persentase, rata – rata dan kebanyakan termasuk kedalam statistik.
Pengertian statistik yang ketiga dikaitkan dengan ilmu pengetahuan atau metode ilmiah dan sering di sebut statistika.Statistika adalah metode ilmiah yang mempelajari pengumpulan, pengaturan, perhitungan penggambaran dan penganalisaan data, serta penarikan kesimpulan yang valid berdasarkan penganalisaan yang dilakukan dan pembuatan keputusan yang rasional.
Statistika menurut fungsinya dibagi menjadi dua bagian yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika yang menyangkut kesimpulan yang valid dinamakan statistika inferensial atau statistika induktif.Dalam statistika inferensial biasanya memasukan unsur peluang dalam menarik kesimpulannya. Sedangkan statistik yang hanya menggambarkan  dan menganalisis kelompok data yang diberikan tanpa penarikan kesimpulan mengenai kelompok data yang lebih besar dinamakan statistika deskriptif atau statistika deduktif.
Jika kita memperhatikan uraian di atas, maka untuk melakukan penelitian suatu masalah kita menggunakan statistika deskriptif terlebih dahulu kemudian statistika induktif.

0 Response to " PENGETAHUAN DASAR STATISTIKA "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis