Latest Updates

LATAR BELAKANG DAN PERISTIWA TERJADINYA PERANG DUNIA II

Perang dunia II terjadi pada tahun 1939-1945, sebagai kelanjutan Perang dunia I. Perang ini melibatkan beberapa Negara. Sebab-sebab terjadinya Perang dunia II adalah sebagai berikut:
  1. Cita-cita Jerman untuk membalas kekalahan Perang dunia I.
  2. Politik Aliansi (mencari kawan), sehingga menimbulkan blok-blok antarnegara
  3. Perlombaan persenjataan antar negara Eropa. Inggris menciptakan armada udara Royal Air Force dan jerman membuat kapal tempur Bis-Marck dengan dilengkapi  peluru kendali Vergeltung (Pembalasan).
  4. Timbulnya paham yang saling bertentangan (fasis, liberalis, dan komunis)
  5. Timbulnya perluasan wilayah (ekspansi) dibidang politik dan ekonomi, yaitu Jerman dengan Lebensraum, Italia dengan Italia Irredenta, dan Jepang cita-cita kemakmuran Asia Timur Raya.
  6. LBB (Liga Bangsa-Bangsa) tidak berperan dalam mencegah ekspansi wilayah negara fasis.

Sebab khusus Perang dunia II adalah serangan Jerman terhadap Kota Danzig (Sekarang bernama Gdanks) di Polandia. Danzig adalah sebuah kota pelabuhan yang terletak di bagian Utara Polandia, yaitu di tepi Laut Baltik. Letak kota Danzig sangat strategis karena merupakan koridor Polandia menuju daerah-daerah dikawasan Laut Baltik. Sampai dengan tahun 1918, kota Danzig dan sekitarnya berada di bawah kekuasaan Jerman.  Kota Danzig terlepas dari tangan Jerman akibat kekalahannya dalam Perang dunia I. Dalam perjanjian Versailles tahun 1919 antara pihak Sekutu dan Jerman, ditetapkan bahwa Danzig dijadikan kota merdeka (bebas) dibawah pengawasan LBB (liga bangsa-bangsa).
Setelah Hilter berkuasa di Jerman, timbul cita-cita untuk mengembalikan masa kejayaan Jerman pada saat sebelum penandatanganan Perjanjian Versailles. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Jerman harus merebut kembali daerah-daerah bekas kekuasaannya yang terlepas akibat kekalahannya dalam Perang dunia I dan menguasai daerah-daerah tetangga yang penduduknya berbangsa Jerman. Salah satu daerah penting yang hars dikuasainya adalah kota Danzig dan sekitarnya. Serangan Jerman terhadap kota Danzig dilakukan pada tanggal 1 September 1939 dengan taktik serangan kilat (blitzkrieg). Dalam serangan ini Jerman menggunakan kendaraan lapis baja yang didukung dengan pengeboman yang efektif.
Menaggapi serangan Jerman, Polandia tidak tinggal diam, sehingga pecahlah serangan antara Jerman melawan Polandia. Dua hari kemudian, yakni pada tanggal 3 September 1939, Prancis dan Inggris mengumumkan perang kepada Jerman sehingga perang pun cepat menjalar di kawasan Eropa.
Sementara itu, pada tanggal 7 Desember 1939 Jepang menyerang Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii. Kemudian Jepang meneruskan ofensifnya dengan menduduki Cina, Indo-Cina, Malaysia, Singapura, Filifina dan Indonesia. Pada tanggal 11 Desember 1939 Jerman dan Italia yang merupakan sekutu Jepang, menumumkan perang kepada Amerika Serikat.
Negara-negara yang terlibat dalam Perang dunia II, yakni
  1. Pihak bloh sentral, yaitu Jerman, Italia, Jepang, Austria, Rumania dan Finlandia.
  2. Pihak Blok Sekutu, yaitu Inggris, Prancis, Rusia, Amerika Serikat, RRC, Australia, Polandia dan beberapa negara kecil lainnya.

0 Response to " LATAR BELAKANG DAN PERISTIWA TERJADINYA PERANG DUNIA II "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis