Latest Updates

Tips Mendidik Anak Agar Taat Berpuasa

Setiap orang tua mengharapkan anaknya menjadi anak yang soleh dan solehah. Untuk menjadi anak yang soleh dan solehah juga tergantung orang tuanya. Jika orang tua kita soleh dan solehah tenntu akan  menuruni dan mengikuti jejak kita. Buah tidak akan jauh dari pohonnya.
Agar anak-anak mempunya kesadaran dan pengetahuan puasa saat sudah baliq, kita perlu mengajari mereka sejak dini. Namun, mengajarkan anak puasa sejak dini bisa jadi bukanlah hal yang mudah karena kemanjaan mereka dan lain-lain. Sebagai orang tua kita perlu sabar dan tetap membimbing mereka di Ramadhan ini.
Ini dia beberapa tips mendidik anak untuk berpuasa di bulan Ramadhan.
  1. Mengajak anak sahur dan sholat subuh bersama keluarga akan mengajarkan anak-anak tentang waktu sahur dan kebiasaan yang baik selama Ramadhan. Menyajikan menu sahur yang sesuai dengan kesukaan anak dan mengutamakan kandungan gizi, karbohidrat dan nutrisi yang cukup akan merangsang anak agar mau makan sahur. Buat juga suasana sahur yang menyenangkan karena biasanya anak malas dan mengantuk.
  2. Di siang hari jika anak kita merasa lapar dan tidak bisa menahan lapar, biarkan mereka makan lalu dilanjutkan puasanya sampai waktu berbuka. Sebaliknya, berikan motivasi dan penghargaan kepada anak-anak jika mereka berhasil berpuasa satu hari penuh.
  3. Saat berbuka puasa, ajarkan anak untuk jangan sampai kekenyangan karena akan membuat perut sakit dan anak bisa trauma. Bimbing untuk makan akanlah secara bertahap. Misalnya minum teh manis dulu lalu sholat maghrib, baru kemudian makan bersama. Anda juga bisa menyajikan menu spesial kesukaan anak saat berbuka agar ia makin semangat puasa lagi esok harinya.

Semoga saja anak-anak kita menjadi anak-anak yang taat berpuasa dan membanggakan orang tua. Amin ya rabbal'alamin.

4 Responses to " Tips Mendidik Anak Agar Taat Berpuasa "

  1. Thanks for the article, I think this is a good idea for my sons

    ReplyDelete
  2. Sama-sama mas Bahrudin udin makasih dah mamir

    ReplyDelete
  3. tips ini sangat cocok juga diajarkan ke adik2 kita yg masih belajar puasa.. makasih infonya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas Indra, sama-sama. makasih juga dah berkunjung.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis