Latest Updates

Dongeng : "Sang Raja Yang Bijaksana"

Kerajaan Sejahtera adalah kerajaan yang kaya raya. Tanahnya subur dan hasil alamnya banyak. Hasil pertanian, hasil pertambangan, dan hasil lautnya sangat berlimpah. Dari hasil alamnya, rakyat seharusnya bisa hidup makmur dan mengalami kebahagiaan. Namun, yang terjadi tidaklah demikian. Rakyat hidup sengsara karena hak-hak mereka di-rampas oleh para pejabat kerajaan.
Sang Raja tidak mengetahui keadaan rakyatnya. Ia tidak tahu bahwa warganya miskin dan sengsara. Raja tidak tahu bahwa para pejabatnya begitu serakah. Selama ini Sang Raja tidak pernah bercengkrama di luar istana. Ia begitu percaya kepada para pejabatnya. Oleh karena itu, Sang Raja merasa cukup menerima laporan dari para pejabat kerajaan. Tentu saja, para pejabat kerajaan hanya melaporkan yang baik-baik saja kepada rajanya. Para pejabat tidak mau kebusukan mereka diketahui rajanya.
Suatu saat Sang Raja menyadari bahwa selama ini ia kurang dekat dengan rakyatnya. Sang Raja sadar bahwa ia tidak mengetahui keadaan rakyatnya. Karena itu, Sang Raja berusaha menemukan cara untuk mengenal rakyatnya.
Sang Raja pagi-pagi buta telah meninggalkan istana seorang diri. Dengan kudanya, Sang Raja me-ngelilingi kerajaan.
Ia pergi dengan pakaian biasa supa-ya tidak dikenal oleh rakyat-nya. Sang Raja melihat dengan mata sendiri keadaan rakyatnya yang miskin. Sang Raja juga mendengar tentang para pejabat kerajaan yang serakah dan menindas.
Sang Raja sangat sedih melihat keadaan seperti ini. Sang Raja sangat menyesal bahwa selama ini ia kurang dekat dengan rakyatnya. Sang Raja juga sangat kecewa karena para pejabat kepercayaannya justru tidak bisa dipercaya. Mereka merampas hak-hak rakyat. Oleh karena itu, Sang Raja menjadi murka. Ia menghukum para pejabat yang tidak baik. Sementara
para pejabat yang baik tetap dipertahankan. Sang Raja membuka kesempatan bagi rakyatnya untuk bertemu langsung dengan rajanya. Kebijaksanaan Sang Raja mengubah situasi kerajaan. Rakyat dan rajanya bersatu. Kemakmuran sekarang dapat dinikmati oleh semua rakyat. Orang tidak berani lagi melakukan kejahatan. Hak-hak setiap orang merasa dilindungi. Kebijaksanaan Sang Raja membuat Kerajaan Sejahtera sungguh mengalami kebahagiaan.

2 Responses to " Dongeng : "Sang Raja Yang Bijaksana" "

  1. wah, pas banget ini untuk saya cerita nantik ke ponakan saya, pasti sangat suka dia mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas di bacakan buat keponakan mas muhammad muklis!

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis