Latest Updates

Arti Gagasan Utama

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia ada istilah Gagasan utama dalam paragraf. Untuk lebih jelas apa arti gagasan utama itu, mari kita simak uraian mengenai arti gagasan utama dibawah ini.
Gagasan utama paragraf lazim disebut juga dengan ide pokok paragraf atau pokok pikiran paragraf atau pikiran utama paragraf. Gagasan utama paragraf adalah gagasan yang terdapat di dalam kalimat utama itu, gagasan utama diperjelas oleh gagasan penjelas, dan yang menjadi inti/pokok pembahasan suatu paragraf. Oleh Sebab itu, gagasan utama paragraf itu sama saja dengan ide pokok paragraf, pokok pikiran paragraf, atau pikiran utama paragraf.
Gagasan penjelas paragraf yaitu gagasan yang terdapat di dalam kalimat penjelas, yang berfungsi memperjelas gagasan utama, dan tidak menjadi inti/pokok pembahasan suatu paragraf. Gagasan penjelas bisa berupa contoh-contoh, bukti-bukti, data-data, fakta-fakta, penjabaran, detail, dan sebagainya yang dipergunakan untuk memperjelas gagasan utama itu.
Contoh Gagasan Utama:
          (1) Rumah temanku sungguh tampak mewah mengagumkan. (2) Dinding-dinding rumah bagian dalam dihiasi permata. (3) Lantainya terbuat dari marmer. (4) Pintu-pintu kamar terbuat dari emas. (5) Meja kursi terbuat dari bahan alumunium dan monel.
Antara gagasan dan kalimat itu bagaikan nyawa dan raganya. Kalimat merupakan raga atau fisiknya, sedangkan gagasan adalah nyawa atau ruhnya. Tadi sudah dibahas bahwa kalimat utama dalam paragraf contoh tersebut adalah kalimat 1, sedangkan kalimat penjelasnya adalah kalimat 2 s.d. 5. Oleh karena itu, gagasan utama paragraf tersebut adalah rumah temanku mewah mengagumkan (gagasan kalimat 1), sedangkan gagasan penjelasnya adalah dinding rumah dihiasi permata, lantai terbuat dari marmer, pintu kamar terbuat dari emas, dan meja-kursi terbuat dari alumunium dan monel (gagasan kalimat 2 s.d. 5).
Contoh:
          (1) Selama Mei 2010 ini Aremania mengumpulkan dana sumbangan. (2) Dana yang terkumpul itu dibelikan beragam bahan kebutuhan hidup, seperti beras, gula, teh, kopi, mie instan, dan lain-lain. (3) Setelah itu, bahan-bahan tersebut mereka bagi-bagikan ke berbagai panti asuhan. (4) Hal itu membuktikan, Aremania adalah suporter yang memiliki kepedulian sosial.
Sebelumnya, sudah kita bahas bahwa kalimat utama dalam paragraf contoh tersebut adalah kalimat 4, sedangkan kalimat penjelasnya adalah kalimat 1, 2, dan 3. Oleh karena itu, gagasan utama paragraf tersebut adalah Aremania adalah suporter yang memiliki kepedulian sosial (gagasan kalimat 4), sedangkan gagasan penjelasnya adalah Aremania mengumpulkan dana sumbangan, dana yang terkumpul dibelikan beragam bahan kebutuhan hidup, dan bahan-bahan kebutuhan hidup dibagikan ke berbagai panti asuhan (gagasan kalimat 1, 2, dan 3).

16 Responses to " Arti Gagasan Utama "

  1. Klo gak salah ini pelajaran Bahasa Indonesia ya Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini memang pelajaran Bhs.Indonesia Mas Wahab! Bukan Matematika heheheh

      Delete
  2. gagasan utama itu penting untuk nantinya dijelaskan dalam paragraf penjelasan dari gagasan utama. kalau bisa ini, menulis akan gampang mas dan mengalir aja. bukan begitu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mba, Bagi para blogger juga harus belajar ini ya mbah, biar kalau menulis tidak pusing

      Delete
    2. Oh jadi seorang blogger juga harus belajar ini supaya dalam menulis menjadi lancar ya mbah dinan!

      Delete
  3. intinya gagasan utama itu inti dari sebuah tulisan yang dibuat ya mas.jadi mesti ada penekanan di situ

    ReplyDelete
  4. menambah wawasan saya nih tentang bagaimana menempatkan gagasan utama yg benar mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saja bisa menambah wawasan anda ya kang!

      Delete
  5. Nah bla ada gagasan tapi idenya ga mood juga bingung ka kang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lg nggak mud refreshing aja ya gan!

      Delete
  6. Wah jelas sekali penjelasan mengeni arti dari gagasan utamanya, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, mudah2an bermanfaat bg pembaca

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis