Latest Updates

Tips Mencegah Pembajak Email

Punya email kok tahu-tahu di bajak oleh orang lain, akan sangat menyakitkan rasanya. Sakitnya tuh disini. Kurang kerjaan banget tuh orang. Lantas kalau sudah begini mau bagaimana ya gan! Biarlah in menjadi pengalaman saya. Bersumber dari laman tekno.tempo.com yang saya lansir pada 4/7 berikut ini adalah cara mencegah pembajakan email agar email kita tidak di bajak orang.
Bagi Anda pemilik akun jejaring sosial semacam Facebook, Twitter, Multiply dan lainnya dengan aplikasi menggunakan fasilitas surat elektronik atau email gratis semisal Gmail, Yahoo atau lainnya sudah saatnya untuk lebih behati-hati.
Pasalnya, tingkat keamanan password (kata kunci) pada email itu sangat lemah sehingga gampang dibajak alias dibobol orang. Pakar forensik teknologi informasi Ruby Zukri Alamsyah mengatakan bahwa tak perlu keahlian khusus untuk melakukannya.

Cara pertama dengan memanfaatkan fasilitas reset password yang memang disediakan oleh server untuk membantu pengguna yang lupa password miliknya. Cara lainnya dengan metode phishing atau mengirimkan link palsu disamarkan sebagai admin email milik korban, semisal admin dari Google atau Yahoo ke email korban.
Menurut Ruby, faktor utamanya adalah pada penggunaan fasilitas email gratis. "Sayangnya mayoritas masyarakat Indonesia senang menggunakan fasilitas email gratis dari pada email bayar," katanya.
Berikut sejumlah tips untuk mencegah email dari pembajakan.
Jika Anda memiliki fasilitas untuk menggunakan email bayar, sebaiknya hindari penggunaan email gratis.
Jika tetap menggunakan email gratis, maka sebisa mungkin masukkan jawaban yang sulit ditebak orang lain pada pertanyaan kunci pada fasilitas reset password email.
Akan lebih manjur lagi kalau jawaban yang diberikan tidak berkaitan sama sekali dengan pertanyaan kunci, misalnya jika ada pertanyaan siapa nama anak pertama Anda, jangan menjawabnya dengan jujur, beri jawaban yang tidak bisa ditebak orang lain. 
Sedangkan pembajakan dengan metode phishing bisa dilakukan dengan cara lebih berhati-hati untuk membuka kiriman email yang mencurigakan.
Jangan asal klik. Jika terlanjur klik maka baca dengan cermat URL (link) alamat lengkapnya, jangan tertipu dengan tampilan, bisa saja itu link palsu.
Jika ternyata dalam link tersebut mencurigakan, sebaiknya abaikan dan jangan lanjutkan atau turuti permintaan link tersebut.

20 Responses to " Tips Mencegah Pembajak Email "

  1. terimakasih atas infonya.. saat ini meski menggunakan layan email gratis tapi mereka juga sudah memiliki pengaman ganda misalnya mereka akan meminta no hp jika sign dari ip baru..

    ReplyDelete
  2. terimakasih ilmu tips mencegah pembajakan email yang begitu penting bagi kelangsungan email kita yang kita sayangi itu ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan! mksh juga kunjungannya

      Delete
  3. terima kasih tipsnya, bener kata mbak Ana sekarang sudah ada pengamanan ganda melalui hp, jadi setiap masuk melalui ip baru kita akan dikonfirmasi melalui hp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mas, makasih juga dah mampir ya mas Isrofi

      Delete
  4. tips2 diatas memang perlu dilakukan untuk mengamankan akun email kita yamas.punya saya malah saya tambahin nomer hp untuk verifikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jaman dulu belum pakai verifikasi lewat No.HP ya kang!

      Delete
  5. tp sekarang saya pake email berbayar semenjak migrasi blog mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ngga tahu malah kalau ada email berbayar gan, sebulan berapa gan!

      Delete
  6. sekrang google alhamdulillah makin canggih ,khususnya gmail dimana kalo setiap kali ingin masuk harus verifikasi lewat no hp .. jadi itungannya lumayan aman. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan....... makasih dah berkunjung

      Delete
  7. aku 2 kali akun fb dan yahoo dihack orang.. makanya trauma juga jika pengamanannya masih rendah.. terima kasih tipsnya ya

    ReplyDelete
  8. kalo udah terklik link phising gmn solusi nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh gimana tuh ya... hayo siapa tuh yang bisa jawab pertanyaan mas Akram Shafwan.......

      Delete
  9. Kini internet sudah bisa di hubungkan dengan no hp jadi bisa di pastikan akan aman-aman saja :)

    ReplyDelete
  10. Kalau saya ahamdulillah belum pernah tuh yang anamanya di bajak emailnya. Tapi ngomong ngomomg makash tipsnya gan!

    ReplyDelete
  11. hemmm, perlu hati2 nie dgn email gratis nie, apalagi yang buat kerja. Mksh info nya ...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis