Latest Updates

Letak Geografis Luas dan Batas Negara Indonesia

Diantara Negara-negara di Asia Tenggara adalah Indonesia
Indonesia
  1. Letak geografis luas dan batas Indonesia.
    Indonesia merupakan negera kepulauan dan terbesar di Asia Tenggara, dengan luas wilayahnya kurang lebih 1.922.570 kilometer persegi serta letak astronomis berada diantara 6 derajat Lintang Utara - 11 derajat LS dan 95 derajat BT-141 derajat BT. Jumlah pulaunya 17.677 pulau, dan luas daratannya kurang lebih 1.919.440 km2. Bentuk pemerintahan negara Indonesia adalah Republik. Indonesia terletak diantara Benua Asia dan Benua Australia, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.
    Batas-batas Wilayah Negara Indonesia antara lain sebagai berikut:
    1. Sebelah utara berbataan dengan Malaysia, Filifina dan Samudra Pasifik
    2. Sebelah selatan berbatasan dengan Australia, Timur Leste dan Samudra Hindia
    3. Sebelah barat berbatasan dengan Adaman dan Samudra Hindia
    4. Sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik.
  2. Keadaan Alam
    Keadaan alam Indonesia terbagi menjadi 3 wilayah berikut
    • Wilayah Indonesia bagian Barat yag disebut Dangkalan Sunda, meliputi Pulau Sumatra, Jawa Kalimantan, dan pulau-pulau kecil disekitarnya serta laut dangal yang mengelilingi pulau ini. Daerah ini meliputi rangkaian pegunungan Sirkum Mediterania. Wilayah barat dan tengah dibatasi oleh garis Wallace.
    • 2.Wilayah Indonesia bagian tengah merupakan peralihan atara bagian barat dan Timur. Daerah ini terdiri dari Pulau Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara. Darah ini bayak ditemukan pegunungan yag masih aktif maupun yang sudah tidak aktif.
    • Indonesia bagian timur terdiri dari Kepulauan MAluku dan Papua disebut Dangkalan Sahul. Batas antara wilayah tenngah dan timur dibatasi oleh garis Webber.
3.  Kegiatan Ekonomi penduduk Indonesia
Kegiatan perekonomia penduduk sebagai berikut:
  1. Pertanian
    Indonesia merupakan negara agraris yang didukung oleh jenis tanah yag subur dan beriklim tropis. Pertanian yang utama antara lain, padi, jagung dan buah-buahan.
  2. Perkebunan
    Hasil perkebunan yang ada di Indonesia, antara lain kelaa sawait, kopi, teh, karet, cengkeh, kayu, rotan, dan berbagai getah.
  3. Perdagangan
    Indonesia mengembangkan komoditas ekspor berupa hasil hutan, perkebunan, hasil tambak (terutama udang windu), minyak dan gas yag diekspor terutama ke negara Jepang.
  4. Pariwisata
    Indonesia mengembagkan pariwisata agar dapat menarik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Obyek wisata yang dikembangkan meliputi wisata alam dan budaya.

0 Response to " Letak Geografis Luas dan Batas Negara Indonesia "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis