Latest Updates

Forum Honorer Indonesia Klaim Guru Honorer Rata-rata Pendidikannya S1

Pemerintah ternyata belum tahu kalau kebanyakan guru Honorer di Negeri ini rata-rata adalah S1, mengapa demikian karena mereka berharap mendapatkan perhatian pemerintah dan juga demi kemajuan pendidikan di Indonesia sehingga mereka beramai-ramai meningkatkan kualifikasinya ke S1. Lain dengan yang PNS, malah masih banyak yang sudah PNS akan tetapi tidak melanjutkan Studinya, sungguh aneh negeri ini. Berikut liputan lengkapnya.

Forum Honorer Indonesia (FHI) mengklaim guru-guru honorer saat ini rata-rata sudah strata satu (S1), bahkan ada yang S2. Ini menunjukkan kualitas guru honorer sudah lebih bagus.
“Dari sisi kompetensi guru honorer di Indonesia saat ini hampir seluruhnya sudah S1,” kata Ketua Dewan Pembina FHI Pusat Hasbi kepada JPNN, Kamis (24/9).
Seharusnya, kata Hasbi, peran dan tanggung jawab ini dilakukan Kemendikbud dengan memaksimalkan peningkatan kualitas guru melalui berbagai program dan pelatihan yang mumpuni.
“Bukan pelatihan seremonial menghabiskan anggaran dan tidak mendongkrak kualitas guru dan pendidikan secara nasional,” katanya.
Ia berpandangan, seharusnya yang harus dilakukan Kemendikbud adalah meningkatkan kesejahteraan dan status guru honorer serta memberikan perhatian dengan memberdayakan keberadaan guru honorer. Juga memberikan kesempatan seluas - luasnya kepada guru honorer untuk meningkatkan kompetensi dan jenjang pendidikan guru honorer dengan berbagai program dan pelatihan. 
FHI, kata dia, justru memberi penghargaan dan penghormatan terhadap guru honorer karena dengan upah yang sangat rendah mereka masih bisa mengabdikan diri pada negara.
“Sangat tidak masuk akal dengan upah yang rendah guru honorer harus berkompetensi setara dengan guru PNS yang sudah sertifikasi dengan tingkat kesejahteraan dan kesempatan mendapatkan pelatihan serta berbagai penggunaan fasilitas negara yang didapatkan guru PNS,” katanya.
Ia menambahkan, peran guru honorer dapat menutupi kekurangan guru secara nasional. Rekrutmen guru melalui tes CPNS umum tidak menjamin kualitas guru dan pendidikan menjadi lebih baik. Sebab dari segi kesiapan melaksanakan tugas profesi guru dan pengalaman mengajar guru honorer jauh lebih mumpuni di lapangan karena sudah bertahun - tahun menjadi guru.
Sumber : Jpnn.com

11 Responses to " Forum Honorer Indonesia Klaim Guru Honorer Rata-rata Pendidikannya S1 "

  1. Mudah-mudahan kita diangkat mas, karena sebetulnya saya juga s1 pendidikan, bahkan ada yang guru honor mereka masih diluar jalur s1 pendidikan. Misalnya S.Kom ya mudah-mudahan peningkatan kualitas dan peningkatan kesejahteraan guru bisa terwujud.

    ReplyDelete
  2. guru honorer memang banyak gan, mungkin lebih banyak dari guru pns, tapi kasihan guru honorer gaji nya kecil banget :(

    ReplyDelete
  3. Memang terkadang kualitas guru yang PNS dan Honorer masih baik yang honorer, namun Nasib yamg membedakannya, Semoga para guru Honorer bisa lekas mendapatkan perhatian dari Pemerintah untuk diangkat menjadi PNS mas.

    ReplyDelete
  4. memang banyak guru honorer yang S-1...
    dan mereka memang kasihan dengan gaji yang sangat kecil namun masih mengabdi dengan baik di sekolah masing-masing. semoga saja pemerintah mau memperhatikan hal tersebut agar pendidikan kita semakin maju, termasuk gurunya.

    ReplyDelete
  5. mudah mudahan guru honorer bisa naik gajihnya. perjuangannya kan sama. mungkin lebih

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis