Latest Updates

Pengertian Globalisasi Ekonomi

Global, berarti totalitas atau keseluruhan yaitu proses masuknya sesuatu (ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dll) ke lingkup dunia. Sifat perubahan yang menyeluruh dan tanpa batas ini menjadi ciri khas atau basis karakter dari globalisasi.
Globalisasi ekonomi merupakan suatu gejala sekaligus fakta dari berbagai kegiatan ekonomi dunia yang bergeak secara luas dan mudahnya hubungan antar negara di dunia tanpa batas. Perubahan ekonomi suatu negara akan dengan cepat menyebar dan berpengaruh terhadap perekonomian dunia. Kegiatan perekonomian sudah tidak menggunakan lokal negara tertentu, tetapi harus dilakukan melalui standar internasional. Beberapa ekonom menyebut globalisasi ekonomi ini dengan istilah liberal.

Globalisasi dan Perdagangan Bebas
Salah satu implikasi dari globalisasi ekonomi semakin meluas dan melembaganya perdagangan bebas antar neara, dan penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain. Dalam konteks perdagangan bebas, tidak ada lagi hambatan, rintangan mengenai pengenaan tarif bea cukai, kuota atau pengendalian valuta asing oleh negara, sehingga merupakan suatu lalu lintas barang dan jasa secara bebas antar negara.
Tujuan dari perdagangan bebas adalah untuk menjamin keuntungan dari adanya spesialisasi Internasional.
Globalisasi dalam perdaganagn bebas berlaku juga untuk para konsumen sama seperti untuk para produsen (perusahaan-perusahaan). Bagi seorang konsumen, globalisasi berarti bersiap untuk mengakses produk-produk dunia dengan harga internasional. Bagi dunia bisnis, globalisasi berarti terbukanya peluang untuk mendirikan pos-pos operasi perusahaan atau untuk memasarkan barang/jasa dimana saja tanpa hambatan dari negara asal  maupun negara tujuan.
Globalisasi perdagangan bebas sebagai suatu tujuan dari kebijakan sebagian masyarakat internasional (penganut paham liberal) secara umum perkembangannya telah dibantu oleh perjanjian internasional tentang tarif dan perdagangan atau GATT, dan tumbuh nya kawasan-kawasan perdagangan bebas seperti :EFTA, NAFTA, ME, AFTA, APEC dll.

0 Response to " Pengertian Globalisasi Ekonomi "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis