Pendidikan dapat dilihat sebagai objek kajian yang interdisiplin yang menurut McMilan dan Schumacher (1984) banyak meminjam konsep dan teori bidang ilmu lain seperti, psikologi, sosiologi, antropologi, politik, ekonomi dan sebagainya. Metode yang digunakan dalam penelitian pendidikan mengacu pada metodologi yang lazim yang digunakan di berbagai ilmu tersebut, yakni mengacu pada pendekatan behavioral science. Berbagai konsep seperti intelegensi, peran status, norma, konsep diri, keefektifan biaya juga dikaji dalam penelitian pendidikan dengan menggunakan metode tersebut.
Apakah yang dimaksud dengan penelitian Pendidikan?
Penelitian Pendidikan adalah upaya ilmiah untuk memahami masalah-masalah pendidikan untuk memahami fenomena-fenomena yang ada di dunia pendidikan. Pengertian upaya ilmiah, seperti yang diulas pada bagian sebelumnya, mengacu pada prosedur atau langkah-langkah standar seperti mangenali masalah, merumuskan masalah, mengembangkan hipotesis, mengembangkan instrumen, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Pengertian fenomena dalam konteks definisi diatas, sebenarnya merujuk pada masalah-masalah yang muncul dalam sistem pendidikan formal, nonformal, maupun informal. Masalah ini dapat muncul dalam berbagai bentuk. Hampir setiap aspek dari ketiga sistem pendidikan tersebut mempunyai peluang untuk muncul menjadi masalah yang layak teliti. Beberapa coontoh yang mencerminkan hal tersebut adalah penelitian tentang tingkat putus sekolah, kecepatan belajar, motivasi belajar, dan sebagainya.
Tambah ilmu nih, yang Pak Guru dan Bu Guru Perlu mempeajari ini nih, biar cepat naik tingkat lalu buat penelitian deh.
ReplyDeleteMakasih kunjungannya ya gan, salam
Delete