Latest Updates

TUGAS DAN METODOLOGI EKONOMI

Tugas ilmu ekonomi adalah menyelidiki bagaimana seharusnya manusia bertindak dalam menghadapi kebutuhan yang tidak terbatas dan alat pemuas yang terbatas jumlahnya, sehingga manusia dapat menjadi makmur. Hal ini sering disebut dengan problem of choice (masalah dalam hal pemilihan).
Metode penyelidikan ilmu ekonomi ada 2 (dua), yakni:
  1. Metode induksi/empiris
    Yaitu metode penyelidikan yang berangkat dari peristiwa-peristiwa ekonomi yang terjadi, kemudian dianalisis, ditarik kesimpulan dan barulah ditetapkan dalil hukum ekonomi.
  2. Metode deduksi/Abstrak
    Yaitu suatu penyelidikan yang didasarkan atas dalil-dalil ekonomi menurut pikiran logis, kemudian dianalisa dengan cara membandingkan dengan kejadian di lapangan dan ditariklah kesimpulan dari peristiwa umum tersebut. 
KELANGKAAN DAN SISTEM EKONOMI
Sistem ekonomi pada dasarnya merupakan suatu mekanisme untuk mengatasi masalah kelangkaan, baik tentang barang/jasa apa yang harus diproduksi maupun bagaimana mengalokasikan berbagai sumber daya diantara berbagai alternatif penggunaan. Dalam sistem ekonomi komando atau ekonomo terpimpin, sebuah dewan perencanaan pusat menentukan kombinasi output (barang dan jasa) apa saya yang harus diproduksi. Sedangkan dalam sistem ekonomi pasar, berbagai keputusan didesentralisasikan dan dibuat oleh kebijaksanaan kolektif pasar, berbagai mekanisme pasar. Sementara itu, sebagian negara menganut sistem ekonomi campuran, yang mengkombinasi kedua sistem diatas.

3 Responses to " TUGAS DAN METODOLOGI EKONOMI "

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis