Latest Updates

Penyebab Stres Pada Anak-anak


Kejadian-kejadian penyebab stres pada anak-anak merupakan bagian pada masa kanak-kanak. Penyakit, frustasi dan ketidakhadiran orang tua di rumah merupakan penyebab umum stres bagi anak-anak. Demikian pula apabila terjadi perceraian, ditinggal mati orang tuanya, kemiskinan dapat mempengaruhi kehidupan anak. Keamanan yang sering kali terganggu, kejadian pelanggaran seperti penculikan, tawuran dan lain-lain memberikan kesan pada anak-anak bahwa keadaan disekitarnya terasa tidak aman sebagaimana dia bayangkan waktu mendapat perlindungan dari orang tuanya. Kesadaran anak terhadap hal-hal tersebut dapat berpengaruh sebentar atau bahkan lama dalam kehidupannya.

Kadang-kadang karena adanya siksaan jasmani dan psikologi orang-orang tua juga merupakan sumber utama stres pada anak-anak. Disamping itu keadaan masyarakat yang  memaksa anak-anak segera tumbuh dengan cepat dan mengharuskan anak membantu pekerjaan orang tua dapat juga menjadi sumber stres. Sekalipun demikian terdapat anak-anak yang dapat mengatasi sendiri stres yang mereka alami dalam hidupnya.
Dewasa ini anak-anak punya cara sendiri mengatasi berbagai tekanan dalam hidupnya. Hal ini dikarenakan orang tua sering kali pindah tempat karena pekerjaanya, sehingga anak-anak juga sering pindah sekolah dan mendapatkan teman baru, dengan demikian mereka hidup seperti orang dewasa.
David Elkin ahli ilmu jiwa anak menyebut anak-anak sekarang sebagai "anak sibuk" (hurried child;1981). David berpendapat bahwa dengan adanya tekanan hidup dewasa ini menyebabkan anak lebih tumbuh cepat dan lekas menderita stres dalam waktu singkat. Ana-anak dewasa menderita stres karena harus berhasil dalam pendidikannya, bersaing dalam aktivitas olahraga, dan memenuhi berbagai kebutuhan  emosional orang tuanya. Dari tayangan TV dan berbagai masalah kehidupan orang dewasa, anak-anak dihadapkan pada berbagai persoalan yang seharusnya dialami oleh orang dewasa, sehingga harus dapat menguasai masalah tersebut sejak masa kanak-kanak. Pada masa anak-anak, memerlukan perkembangan yang sehat bagi anak-anak sebagaimana seharusnya.

0 Response to " Penyebab Stres Pada Anak-anak "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis