Latest Updates

Teknik-Teknik dalam Presentasi

Dalam melakukan presentasi ada beberapa faktor dan teknik yang harus mendapat perhatian , Diantaranya:
  1. Menangggulangi rasa takut
    Kecemasan atau ketakutan untuk berbicara dan melakukan presentasi di depan publik bukan merupakan hal yang aneh. Hampir setiap orang yang dianggap sebagai orator besar-pun pada awalnya juga mengalami kecemasan yang sama. 
    Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk mengatasi kecemasan  tersebut, Pertama, adalah dimulai dari penguasaan diri dan materi yang baik. Sebelum maju ke podium ambil nafas panjang beberapa kali untuk menenangkan diri dan katakan pada diri sendiri, "Pasti! Saya akan dapat melakukannya dengan baik." Kemudian, berbicaralah dengan tenang, suara yang jelas dan bulat serta irama lebih lambat dari kebiasaan berbicara. Selanjutnya sampaikan tujuan presentasi anda.
  2. Kredibilitas Presenter
    Melakukan presentasi tidak lepas dari teori komunikasi yang menyatakan pentingnya presenter, media dan penerima pesan. Peranan presenter dan media akan dibahas dalam bagian ini.
    Hal utama dalam presentasi adalah kredibilitas presenter yang akan menentukan sejauh mana dia dapat menyampaikan  materi presentasinya dengan cara yang komunikatif dan meyakinkan. Untuk menyajikan presentasi yang meyakinkan, presenter harus benar-benar menguasai materi yang akan disampaikan sehingga tidak ada lagi keragu-raguan yang muncul pada saat harus menjelaskan atau menjawab pertanyaan peserta. Presentasi yang baik juga dipengaruhi oleh integritas presenter yang terlihat dari kejujuran presenter. 
  3. Memberikan penekanan kepada pokok-pokok pikiran penting
    Dalam menyajikan presentasi, pembicara hendaknya tidak sekedar membaca kata-kata yang tertulis dalam tayangan tanpa berusaha memberikan elaborasi. Hal ini biasanya dilakukan pembicara bila menganggap materi banyak tetapi waktu yang disediakan kurang. Cara ini tidak komunikatif, dan dapat menimbulakn kesan pembicara tidak menguasai materi. Apabila ada pokok-pokok pikiran penting yang ingin ditangkap dan dipahami oleh pendengar, anda perlu mngulanginya beberpa kali supaya pokok pikiran tersebut merasuk dalam pendengar. Penyampaiannya tidak menggunakan kata-kata yang sama, tetapi pikiran dasarnya sama.
    Penekanan pada pokok-pokok pikiran yang penting juga dapat dilakukan melalui tekanan nada suara. Ingatkah anda bagimana nada suara Almarhum Bung Tomo, seorang pahlawan kemerdekaan, meneriakan Sekali merdeka tetap merdeka' dengan tangan yang terkepal.
  4. Pandangan Mata
    Komunikasi yang baik dalam presentasi akan difasilitasi oleh kontak atau pandangan mata. Usahakan untuk memandang mata pendengar anda secara individual sesering mungkin, tetapi jangan terkesan hanya pada orang-orang tertentu saja. 
  5. Gunakan ilustrasi untuk menjelaskan gagasan
    Memahami suatu konsep akan dipermudah dengan menggunakan ilustrasi, berupa gambar, tabel, grafik dan sebagainya.
  6. Tanya jawab
    Suatu presentasi biasanya diikuti dengan tanya jawab untuk memberikan kesempatan kepada pendengar meminta penjelasan atas poin-poin tertentu atau untuk memberikan komentar atau mengaitkan dengan informasi lain yang relevan.
Itulah beberapa teknik dalam presentasi, semoga bermanfaat. 

0 Response to " Teknik-Teknik dalam Presentasi "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis