Latest Updates

Macam-macam Metode Pembelajaran



Jika anda seorang Pendidik (guru) tentunya menginginkan hasil pembelajarannya dapat diterima dengan baik  dan disukai oleh anak didiknya. Berikut adalah Bebagai macam metode pembelajaran yang bisa anda terapkan di kelas anda : 

  1. Metode Pembiasaan (Habit Forming) yang konsisten dan terprogram    Konsisten, dalam pembinaan akhlak, kemampuan berbahasa dan ritual ibadah. ( pembiasaan : sholat tertib dan tepat waktu, minggu bahasa, bersikap dan bertutur kata yang sopan)
    Terprogram, menjalankan kegiatan pembinaan secara rutin dan periodik ( pembiasaan : perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan).

  2. Metode Pembelajaran yang variatif, kreatif, inovatif, efektif dan aplikatif ; Variatif, dalam penggunaan berbagai media pembelajaran yang menunjang ( penggunaan lab. Audio-visual, musik, komputer, CD program interaktif dan lingkungan sekitar) Kreatif, mengemas sebuah pembelajaran yang menyenangkan ( merancang media atau pembelajaran yang memadukan belajar dan bermain edukatif ) Inovatif, mengembangkan dan mengolah sumber belajar lebih dinamis ( mengolah dan mengembangkan sumber belajar menjadi lebih efektif sebelum disajikan ) Efektif, dalam penggunaan media dan waktu belajar ( pemanfaatan media yang ada secara optimal dan alokasi waktu yang terbatas ) Aplikatif, mudah digunakan dan dilaksanakan untuk pemahaman ( program pembelajaran yang disesuaikan dengan sumber daya, situasi dan kondisi sekolah ).
  3. Metode Empirik (Learning by Doing)
    Melakukan pembelajaran praktek dalam laboratorium maupun di alam/lingkungan dengan penekanan siswa bereksperimen untuk dapat melakukan dan mengetahui.

  4. Metode Amanah Kausatif
    Digunakan untuk menanamkan sikap tanggungjawab bagi siswa akan apa-apa yang dikerjakan/dilakukan harus dipertanggungjawabkan secara individu maupun kelompok.
    ( penggunaan dan perawatan fasilitas sekolah, program sholat berjamaah, pergaulan dengan teman ).

  5.  Metode Pendekatan Personal (Human Aproach)
    Digunakan untuk mengatasi permasalahan individu dengan individu maupun kelompok dalam pergaulan sekolah, pembelajaran klasikal agar tercipta suasana yang kondusif.

0 Response to " Macam-macam Metode Pembelajaran "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis