Latest Updates

Kemunduran VOC (Abad Ke-18)



Pada abad ke-18 kegiatan VOC mengalami perubahan fungsi. VOC semula hanya merupakan sebuah persekutuan (kongsi) dagang, kemudian mnjadi badan emerintahan. Perubahan fungsi ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:
  1. Terjadinya pergesran barang-barang dagangan, dari rempah-rempah ke komoditas lainnya, seperti kopi dan gula.
  2. Adanya persaingan berat dari pedagang bangsa barat lainnya sehingga VOC mulai mengalihkan kegiatannya sebagai badan pemerintahan.
  3. Perang kemerdekaan belanda (perang seratus tahun) antara Beanda dan Spayol yang berakhir dengan kemerdekaan Belanda pada tahun 1648. Kemerdekaan belanda telah mendorong timbulnya keinginan untuk berkuasa terhadap negara-negara lain.
Akibat perubahan itu, VOC mengalami krisis keuangan. Kondisi keuangan VOC semakin bertambah parah, bahkan mengalami kekosongan kas. kondisi tersebut diperparah oleh hal-hal:
  1. VOC banyak mengeluarkan biaya untuk peperangan, bik untuk mempertahankan monopolinya maupun untuk memperoleh wilayah.
  2. Banyaknya saingan yang harus dihadapi VOC dalam perdagangan di kawasan Asia, misalnya dari bangsa Perancis yang memiliki Perusahaan Compagnie des Indes dan bangsa Inggris dengan East Indian Company (EIC).
  3. Ketidakmampuan VOC dalam memantau monopoli perdaganagn karena wilayah jangkauan semakin bertambah luas.
  4. Wilayah kekuasaan VOC brtambah luas, sehingga memerlukan pegawai yang cukup banyak dalam menjalankan roda pemerintahannya. Untuk itu, diperlukan dana yang besar bagi pembayaran gaji pegawainya.
  5. Gaji pegawai VOC rendah, sehingga mereka melakukan korupsi dan kecurangan secara besar-besaran.
  6. Masih tetap diberikannya dividen (pembagian keuntungan) kepada para pemegang saham, walaupun VOC dalam keadaan terus merugi. Tujuannya agar para pemegang saham tidak menarik modalnya.

0 Response to " Kemunduran VOC (Abad Ke-18) "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis