Latest Updates

Hukum Wanita Haid Membaca Atau Menyentuh Al-Qur'an



Dikalangan masyarakat kita saat ini ada yang bertanya : Bolehkan wanita haidh berhads besar) membaca atau menyentuh Al-Qur'an?
Jawabannya adalah sebagai berikut :
Banyak ulama yang mengharamkan pada wanita membaca Al-qur'an dalam keadaan haidh atau junub. Mereka beralasan dengn hadist sebagai berikut :
Ibnu umar ra berkata: "Nabi saw bersabda: "Tidak boleh membaca Al-Quran orang yang junub dan tidak boleh (juga) wanita haidh". (HR.Daud, Tarmidji dan Majah).
Juga mereka beralasan hadis berikut ini :
Jabir ra. berkata:"Nabi saw bersabda:"wanita haid dan nifas tidak boleh membaca sesuatu dari pada Al-Qur'an" (H.R.Daruquthni).
Tetapi kedua hadist ini oleh sebagian ulama ahli hadist tidak mau menerimanya, karena dipandang sebagai hadist yang lemah. Dimana hdist pertama dalam isnadnya terdapat orang yang bernama Ismail bin ;Isyasy, dia adalah dilemahkan oleh para Imam ahli hadist, seperti Imam Bukhori, Ahmad dan lainnya.
Sedang pada hadise kedua dalam isnadnya terdapat orang yeng bernama Muhammad bin Fadhil, dia adalah tergolong orang yang terkenal pemalsu hadist.
Walhasil, tentang pengharaman wanita haidh dan berhadas besar dalam menyentuh dan membaca Al-Qur'an tidak ada alasan yang kuat. Oleh karena itu, maka kami kembalikan pada jawaban yang semula, bahwa dalam segi I'tiqadnya orang muslim itu adalah suci, kenapa musti berwudlu bila akan menyentuh atau membaca  Al-Qur'an. Toh bacaan Al-qur'an itu bacaan orang muslim, bukan orang non muslim.

2 Responses to " Hukum Wanita Haid Membaca Atau Menyentuh Al-Qur'an "

  1. terimakasih artikelnya, semoga menambah pengetahuan para kaum hawa semua :)

    ReplyDelete
  2. Iya mba Sefi Ariyantika, makasih dah mampir.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis