Latest Updates

Pola Makan Yang Tepat Untuk Penderita Asam Urat

Pola Makan Yang Tepat Untuk Penderita Asam Urat - Untuk anda penderita asam urat, asam urat dapat sakit kembali sewaktu-waktu dengan keluhan khas berupa nyeri dan bengkak pada sendi dan ibu jari kaki. Pemicu serangan biasanya berkaitan dengan pola makan tinggi purin, obesitas, dan stres. Berdasarkan pemaparan dr. Fiona Amelia, MPH, dari KlikDokter, untuk mengurangi frekuensi serangan dan peradangan sendi, ikuti diet tepat di bawah ini.
  • Perbanyak sayur dan buah.
    Asupan ini berguna untuk membantu tubuh mengeluarkan asam urat melalui saluran cerna. Menurut dr. Fiona, konsumsi serat juga akan mengendalikan kadar gula darah dan menstabilkan hormon insulin, yang memengaruhi pembentukan asam urat.
  • Utamakan karbohidrat kompleks.
    Jenis yang direkomendasikan seperti serealia utuh, nasi merah, dan roti gandum.
    “Batasi atau hindari makanan dengan pemanis tambahan seperti serealia berpemanis, roti-rotian, kue kering, cake, permen, minuman kemasan, atau produk yang mengandung sirop jagung tinggi fruktosa,” jelas dr. Fiona.
  • Jauhi jeroan.
    Isi perut hewan ini dikenal mudah memunculkan asam urat karena tinggi purin, sehingga bisa picu serangan gout.
  • Perbanyak sumber protein nabati. Sumber protein nabati yang disarankan  seperti lentil, selai kacang, kacang-kacangan, dan polong-polongan.
  • Batasi sumber protein hewani. Berdasarkan pemaparan dr. Fiona, daging merah dan ayam boleh dikonsumsi, tetapi dibatasi hanya 100 gram per hari. Pilihlah daging tanpa lemak. Untuk ikan dan seafood, hindari kerang, ikan sarden, teri, dan kembung. Sedangkan ikan tuna, kod, mas, pecak, kakap, salmon, tiram, lobster, kepiting, dan udang boleh dikonsumsi secara terbatas.
  • Perbanyak konsumsi vitamin C. Asupan nutrisi ini berguna untuk membantu menurunkan peradangan sendi dan kadar asam urat dalam darah. Sumber vitamin C antara lain jeruk, stroberi, kiwi, jambu merah, brokoli, kol, paprika, tomat, dan lain-lain.'
  • Batasi sumber asam lemak jenuh. Beberapa sumber asam lemak jenuh yang patut dibatasi konsumsinya seperti daging, ayam, susu, dan produk susu whole milk atau full-cream. Saran dari dr. Fiona, pilihlah susu skim dan produknya seperti keju atau yoghurt yang rendah lemak.
  • Perbanyak minum air putih. Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup untuk membantu tubuh mengeluarkan asam urat melalui urine.
  • Batasi ngopi. Studi menunjukkan bahwa konsumsi kopi berkafein dalam batas wajar, yakni 2 cangkir per hari, dapat menurunkan risiko penyakit gout. Meski demikian, kopi mungkin perlu dihindari bila Anda mengalami kondisi medis lain.
  • Hindari alkohol. Hindari alkohol yang berasal dari bir dan minuman beragi lainnya. Wine dianggap aman karena tidak meningkatkan risiko serangan gout, asal dikonsumsi dalam batas wajar.
Penderita asam urat memang harus memperhatikan asupan makanannya. Salah-salah, jika yang dikonsumsi tinggi purin, asam urat bisa kambuh dan mengganggu produktivitas.
Karena brokoli rendah purin dan kaya akan vitamin C, tambahkan sumber makanan tersebut ke piring makan Anda sehari-hari. Kombinasikan juga dengan diet yang disarankan untuk penderita asam urat yang disebutkan di atas. Tak hanya itu, taatlah pada pengobatan yang dianjurkan oleh dokter Anda supaya dampaknya bisa optimal.
Demikianlah artikel kesehatan dari saya mengenai Pola Makan Yang Tepat Untuk Penderita Asam Urat. Semoga bermanfaat .
Source : jpnn.com

0 Response to " Pola Makan Yang Tepat Untuk Penderita Asam Urat "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis