Latest Updates

Diet Dengan Cara Puasa, Adakah Efek Sampingnya?

Diet Dengan Cara Puasa, Adakah Efek Sampingnya? - Disamping untuk menurunkan berat badan, intermittent fasting atau yang juga kerap disebut diet puasa memiliki banyak manfaat.
Seperti mengurangi inflamasi, memperlancar pencernaan, meningkatkan kesadaran mental, tidur lebih baik, hingga menjaga nafsu makanan bergula, dan adiksi makanan lainnya.
Namun, ada pula beberapa efek samping yang mungkin kamu rasakan saat awal, ketika baru menerapkan diet puasa ini. Ahli gizi teregistrasi Stephanie Ferrari mengatakan, hal itu dikarenakan tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi terhadap perubahan ekstrem.

Sehingga, tubuh mungkin akan mengalami efek samping tertentu karena melakukan pembatasan makan yang tiba-tiba. "Pada awalnya mungkin terasa sulit, tapi selama kamu tahu cara mengatasinya, maka kamu akan bisa bertahan menjalankan diet puasa, dan mendapatkan manfaatnya," kata Stephanie.
  • Kelaparan
    Jika kamu biasa makan 5-6 kali sehari, tubuh akan mengharapkan makanan pada waktu-waktu yang biasa kamu pakai untuk makan. Menurut Stephanie, kehadiran hormon ghlerin bertanggungjawab atas rasa lapar tersebut. Biasanya, rasa lapar memuncak pada waktu sarapan, makan siang dan makan malam serta sebagian diatur oleh asupan makanan.
    Ketika pertama memulai diet puasa, level ghlerin akan terus meningkat sehingga kamu merasa lapar. "Selama 3-5 hari awal akan terasa sangat buruk, namun akan ada waktu di mana kamu mencapai jendela makan dan tidak lagi merasa lapar," kata Stephanie. Spesialis nutrisi dan penurunan berat badan sekaligus kardiolog tersertifikasi, Dr. Luiza Petre menyarankan pelaku pemula diet puasa untuk melawan rasa lapar di 1-2 minggu awal dengan minum banyak air.
    Hal ini bertujuan untuk membuat perut terasa kenyang, membuat kita tetap terjaga dan membiasakan diri memasukkan sesuatu ke dalam mulut. Dalam waktu 30 menit setelah bangun tidur, setidaknya minumlah sekitar 250ml air. Ketika lapar, minumlah lagi 250ml. Hal yang akan diajarkan oleh diet puasa adalah yang kamu kira rasa lapar sebetulnya adalah rasa haus atau kebosanan.
    Minum kopi hitam dan teh juga bisa mengatasi lapar. Selain itu,  cukupkan kebutuhan tidur, tetap sibuk, serta menghindari olahraga berat dalam beberapa minggu awal, karena kegiatan tersebut akan meningkatkan rasa lapar. Makanlah cukup pada hari sebelumnya dan makan cukup karbohidrat, lemak sehat serta protein.
  • Sakit kepala
    Karena tubuh sedang membiasakan diri dengan jadwal makan baru, sakit kepala menjadi hal yang sangat biasa. Edward Vasquez, seorang YouTuber yang banyak membahas diet puasa lewat akun Fledge Fitness memberikan tips untuk menjalankan tersebut. Menurut dia, dehidrasi adalah salah satu faktor utamanya. Sehingga, pastikan kamu minum banyak air selama puasa dan waktu makan. Menurut Stephanie, sakit kepala juga bisa disebabkan level gula darah yang menurun, serta hormon stres yang dilepaskan oleh otak ketika puasa. Seiring berjalannya waktu, tubuh akan terbiasa dengan jadwal makan baru tersebut. Namun, usahakan kamu bebas dari stres.

  • Kurang tenaga 
    Akibat sebelumnya kamu terbiasa makan sepanjang hari, tubuhmu mungkin akan terasa lemas dan kurang bertenaga, sebab tubuh tidak lagi mendapatkan asupan bahan bakar secara konstan. Pastikan kamu tak melakukan banyak kegiatan yang menghabiskan terlalu banyak energi, terutama pada minggu awal.

  • Rasa terbakar, kembung, dan sembelit
    Perut akan memproduksi asam untuk membantu pencernaan makanan. Sehingga ketika kita tidak makan, kita bisa saja merasakan seperti rasa terbakar dalam tubuh. Ini bisa terjadi berupa ketidaknyamanan berintensitas sedang hingga sepanjang hari. Rasa ini akan hilang seiring berjalannya waktu. Jadi, tetaplah mengonsumsi air putih, menopang tubuh kita tidur, serta hindari makanan berminyak dan pedas karena bisa memperburuk rasa terbakar tersebut.
    Jika rasa terbakar tersebut terasa semakin tidak nyaman, konsultasikanlah ke dokter.
  • Merasa kedinginan
    Ujung-ujung jari kaki dan tangan yang dingin ketika puasa adalah hal yang umum, namun berarti positif. Ketika berpuasa, aliran darah meningkat ke cadangan lemak atau jaringan adiposa. Hal ini dapat membantu memindahkan lemak ke otot, yang berarti dapat dibakar sebagai bahan bakar tenaga. Stephanie mengatakan, kondisi gula darah menurun juga akan membuat kita lebih sesnsitif dan mudah merasa kedinginan. Lawan rasa kedinginan tersebut dengan minum teh, mandi air hangat, menggunakan pakaian berlapis, dan menghindari berada di luar ruangan ketika dingin dalam waktu yang lama.
  • Makan berlebih
    Orang-orang yang baru melakukan diet puasa akan cenderung makan berlebih. Hal ini bisa disebabkan karena mereka menganggap besaran kalori tak berpengaruh atau karena rasa lapar yang sangat, sehingga sangat bersemangat bertemu makanan. Merencanakan makanan yang akan dikonsumsi bisa membantumu menjaga porsi makan tetap ideal. "Ketika periode puasa berakhir, kita harus berhati-hati dengan porsi makan. Kamu memang mungkin akan merasa ingin makan segala, namun pilihlah opsi makanan sehat," kata Stephanie. Catatan Gejala-gejala tersebut biasanya hanya terjadi selama seminggu atau maksimal tiga minggu awal. Untuk menghindarinya, kamu bisa melakukannya secara bertahap sehingga diet puasa akan terasa alami dan sehat. Sehingga nafsu makan berkurang, ketajaman mental bertambah, lalu lingkar pinggang mengecil.
    Diet puasa juga tidak diperuntukkan bagi semua orang. Misalnya, penderita diabetes, ibu hamil, ibu menyusui atau anak-anak. Orang-orang yang memiliki penyakit kronis juga perlu memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter sebelum memulai diet puasa. 

4 Responses to " Diet Dengan Cara Puasa, Adakah Efek Sampingnya? "

  1. iya, mening diet sambil puasa nya, puguh-puguh dapat pahala.. tapi da kalau sayamah ga ngaruh, diet ga diet atau langsing ga langsing angger we ga laku

    ReplyDelete
  2. Kalau Puasanya niatnya Ikhlas karena Allah SWT semata, maka Insyallah, lebih banyak kebaikan yang kita dapatkan dari pada keburukannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas nata, amin semoga puasa kita selalu mendapat berkah

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis