Latest Updates

Kerjasama di Lingkungan Desa atau Kelurahan

Di lingkungan Desa atau kelurahan, semua warga mempunyai kewajiban untuk bekerjasama. Diantara sesama warga harus ada kerja sama agar tercipta kerukunan, keamanan, keserasian, dan sebagainya. Kerjasama di lingkungan dalammembersihkan lingkungan, menjaga keamanan, memperingati hari besar nasional, dan sebagainya. 
Berikut ini diuraikan contoh kerja sama di lingkungan kelurahan atau desa dalam kegiatan OKK dan kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling).
  1. Kegiatan PKK
    Salah satu contoh kerjasama di lingkungan kelurahan atau desa adalah kegiatan ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi PKK, yaitu pembinaan kesejahteraan keluarga. Kegiatan PKK biasanya diadakan di balai desa atau kelurahan. Program PKK terdiri atas sepuluh hal sebagai berikut :
    1. pengamalan Pancasila
    2. pangan
    3. sandang
    4. perumahan dan tata laksana rumah tangga
    5. pendidikan dan ketrampilan
    6. kesehatan
    7. koperasi
    8. kelestarian hidup
    9. perencanaan sehat
      Ibu-ibu anggota PKK sangat bersemangat dalam mengikuti dan melaksanakan program-program yang direncanakan dalam pertemuan PKK. Mereka saling bekerja sama dan saling  membantu agar program PKK dapat terlaksana dalam berusaha mewujudkan keluarga yang sejahtera.
  2. Kegiatan Siskamling
    Lingkungan yang aman dan tertib adalah dambaan setiap warga masyarakat . Untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, diperlukan kesadaran untuk bekerja sama dari masing-masing warga.
    Salah satu cara untuk menjaga keamanan dan ketertiban adalah menerapkan siskamling, yakni melaksanakan sistem keamanan lingkungan. Siskamling harus dilakukan melalui kerja sama di antara semua warga. Pelaksanaan siskamling tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri.
    Menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan melalui siskamling diantaranya dilakukan dengan mengatur dan melaksanakan piket ronda malam. Pelaksanaan ronda malam harus diatur sedemikian rupa agar berjalan dengan baik. Pengaturan itu akan berlangsung baik jika dilakukan melalui kerja sama yang baik pula di antara sesama warga.

4 Responses to " Kerjasama di Lingkungan Desa atau Kelurahan "

  1. wah bagus ini gan gotong royong sesama warna desa yang baik saling bahu membahu untuk menjaga lingkungan agar makin bersih dan rapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, mudah mudahan sekarang masih ada gotong royong

      Delete
  2. Kerja dilingkungan intinya ikhlas dan salin berbagi atau berbaur dengan warga-warga lainnya..😄😄

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis