Latest Updates

Bentuk-bentuk Paragraf Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD

Bentuk-bentuk paragraf - Setiap paragraf memiliki pikiran utama. Kamu dapat menemukan gagasan utama di awal paragraf, di akhir paragraf atau diawal dan di akhir paragraf. Paragraf-paragraf tersebut adalah :
  1. Paragraf Deduktif, dimana gagasan utamanya terletak di awal paragraf.
  2. Paragraf Induktif, dimana gagasan utamanya terletak di akhir paragraf.
  3. Paragraf Deduktif-Induktif, dimana gagasan utamanya terletak di awal dan di akhir paragraf.
Seperti yang sudah kita ketahui, paragraf deduktif itu letak gagasan atau ide pokoknya diawal. Sedangkan paragraf Induktif sebaliknya, terletak di akhir paragraf.
Suatu hari, aku hampir tidak ingat sama sekali di mana meletakkan buku cerita kesayanganku. Sudah kucari berhari-hari, tetapi tetap tak ketemu. Untungnya ada Tessa. Ia adalah teman baikku. Ia hafal betul apa yang aku lakukan setiap hari. Dengan tersenyum ia berkata , "Apakah kamu lupa dimana kau menyembunyikan barang berhargamu?". Tiba-tiba aku langsung ingat. Buku itu aku simpan di kotak rahasiaku agar tak ditemukan adiku, Dina. Memang, teman selalu ada saat dibutuhkan.
Gagasan utama merupakan kalimat yang memiliki sifat 'umum'. Bila kamu perhatikan, kalimat yang menjadi gagasan utama pada paragraf diatas adalah : teman selalu ada saat dibutuhkan. Kalimat tersebut letaknya di akhir paragraf. Oleh karena itu, paragraf diatas dinamakan paragraf induktif.

0 Response to " Bentuk-bentuk Paragraf Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis