Latest Updates

Contoh Kultum "Larangan Durhaka Kepada Kedua Orang Tua"

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Alhamdulilahirobbil'alamin wabihi nasta'inu 'ala umuriddunnya waddin, wassolatu wassalamu'ala sayyidina mursalin, wa ala alihi wa ashabihi ajma'in amma ba'du.
Yang kami hormati,......... beserta ................... dan hadirin sekalian yang berbahagia.
Dengan memanjatkan rasa puja dan puji syukur kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan rahmat-Nya kita ditakdirkan oleh-Nya berkumpul dalam rangka mengikuti kegiatan kultum tanpa ada halangan suatu apapun.
Shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan nabi Muhammad SAW, karena beliaulah yang menyebarkan agama Islam sampai ke penjuru pelosok dunia, sehingga kita bisa membedakan yang haq dan bathil.
Hadirin sekalian yang kami hormati.
Dalam pergaulan sehari-hari sang anak haruslah bisa menempati posisi yang terbaik terhadap ibu, bapak, karena peran orang tua sangat menentukan terhadap putra-putrinya. Besar sekali jasa orang tua terhadap putra-putrinya, sementara orang tua tak memperhatikan sama sekali imbalan jasa dari anaknya. Orang tualah sebagai tumpuhan harapan. Dengan penuh kasih sayang orang tua terhadap putra-putrinya, memelihara anak mulai sejak hamil bahkan sampai usia kita sekolah inimasih terus membutuhkan berbagai macam keperluan dari orang tua.
Kalau kita mau merenung, akan jasa-jasa terhadap orang tua kita, maka langkah yang perlu kita terapkan kepda beliau, tiada lain hanyalah sang anak harus taat dan patuh terhadap orang tua, selama perintahnya itu tidak menyimpang dari syariat Islam. Dan bila perintah itu melanggar syariat Islam, maka anak boleh menolak dengan cara yang halus, dan penuh hormat.
Hadirin sekalian yang berbahagia.
Dalam pergaulan sehari-hari terhadap orang tua haruslah berhati-hati, jangan sampai ada kata-kata yang menyakitkan beliau. Kalau kita mau memikirkan, bahwa dari orang tualah belahan kasih sayang, tumpuhan harapan terhadap putra-putrinya, maka dosa besar bila anak mendurhakai kedua orang tuanya.
Berkaitan dengan hal tersebut diatas, Nabi saw menjelaskan dalam hadist yang artinya:
Maukah saya beritahukan tentang tiga dosa besar, sahabat menjawab: Baiklah ya, Rasulullah. Rasulullah bersabda: Menyekutukan Allah, durhaka kepada orang tua, tadinya menyandar lalu beliau tegak duduk sambil bersabda: Camkanlah, dan saksi palsu dan perkataan bohong. Maka beliau mengulangi persaksian palsu."
Jadi begitu jelas, bahwasannya mendurhakai kepada ibu bapak merupakan dosa besar. Untuk menghindari agar supaya kita tidak termasuk anak yang durhaka, maka dalam pergaulan sehari-hari haruslah dengan sopan dan santun, penuh hormat dan hal ini kita kerjakan dengan ikhlas semata-mata mencari ridha Allah swt. Ingat! bahwasanya keridhaan Allah tergantung keridhaan orang tua, dan murka Allah juga tergantung murka orang tua, apa arti berbagai macam kebaikan kita lakukan , tapi sementara dengan orang tua selalu bermusuhan dalam kehidupan ini, naudzubillah himindzalik.
Hadirin sekalian yang berbahagia.
Bila ada anak sampai hati berkata yang kurang berkenan dalam hati orang tua ataupun anak itu membantah, maka harus segera inysaf, dan menyesali, dan mohon maaf atas segala perilaku yang tidak baik terhadap kedua orang tuanya. Orang yang durhaka kepada orang tuanya akan mendapatkan balasan yang tercepat, mulai hidup di dunia dan sesudah mati.
Kiranya sampai disini dulu kata-kata yang bisa kami sampaikan melalui kultum ini. Mudah-mudahan kita menjadi anak-anak yang saleh, sehingga tak lupa mendoakan kedua orang tua kita setiap waktunya. 
Bilahi taufik wal hidayah.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

17 Responses to " Contoh Kultum "Larangan Durhaka Kepada Kedua Orang Tua" "

  1. Biasanya kalau bulan ramadhan,, banyak yang cari artikel kek gini nih gan,,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti saya lagi nabung untuk ramadhan tahun depan dan seterusnya ya gan

      Delete
  2. Sungguh pidato yang sangat bermanfaat dan tentunya bagus sekali kang untuk dicoba ku saya karena jaman sekarang masih banyak sekali anak anak yang suka melawan sama orang tuanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan ini bermanfaat dan bisa di tularkan serta disampaikan kepada anak-anak kita

      Delete
  3. orang tua sangat besar jasanya dan ksaih sayangnya kepada kita, jadi janganlah sampai kita durhaka kepada mereka

    ReplyDelete
  4. Wah kultum dengan topik larangan durhaka pada kedua orang tua ini pasti sangat bermanfaat kang, mengingat banyak anak sekolah yang lupa tentang larangan tersebut

    ReplyDelete
  5. perlu peran orang tua juga mas supaya anak tidak durhaka kepada orang tua dengan memberikan contoh perilaku yang baik sehari-hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas ifrod, org tua hrs menjadi suritauldan bagi putra-putrinya

      Delete
  6. contoh kultumnya saya simpen mas, ntar kalau jadi imam sholat di mushola ini bakal saya pake..

    ReplyDelete
  7. Jika pernah mnyakiti orang tua segeralah minta maaf selagi bisa. kalo telat pasti menyesal

    ReplyDelete
  8. bisa digedein ngga tuh fontnya, saya bacanya agak pusing mas :( hehee tapi tak apa lah :)
    boleh saya save mas,? dimesjid saya biasanya ada lomba kultum mas, jadi mau coba pake bahan kultum ini :) buka saya sih yang mau kultumnyah tapi teman saya :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis