Latest Updates

Jenis Pertunjukan Rakyat

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki pertunjukan rakyat. Pertunjukan rakyat biasanya dipentaskan saat penduduk setempat menyelenggarakan hajatan, upacara adat atau upacara keagamaan. Pertunjukan rakyat berfungsi sebagai hiburan masyarakat yang mengandung petuah kebaikan. Berikut beberapa contoh pertunjukan rakyat di Indonesia.
  1. Banjet. Banjet adalah pertunjukan teater rakyat di daerah Jawa Barat bagian utara. Lakon yang umum dibawakan adalah Si Jantuk yang mengenakan topeng separo seperti topeng semar dalam wayang topeng.
  2. Ketoprak
    Ketoprak adalah pertunjukan sandiwara di daerah Jawa Tengah. Ceritanya diambil dari sejarah atau abad zaman raja-raja dahulu. Ketoprak diiringi dengan gamelan jawa, disertai tembang dan tarian.
  3. Sintren (lais)
    Sintren adalah pertunjukan tari tradisional yang mengandung unsur mistis didaerah pesisir utara Jawa Barat dan Jawa Tengah.
  4. Lengguk
    Lengguk adalah pertunjukan berupa tari dan nyanyian rakyat di daerah Jawa tengah. Pertunjukan diiringi rebana. Lagu yang dinyanyikan berisi ajaran agama Islam.
  5. Lenong
    Lenong adalah Sandiwara rakyat Betawi, yang diiringi musik gambang kromong. Cerita yang ditampilkan biasanya mengandung pesan moral.
  6. Ludruk
    Ludruk adalah Sandiwara Rakyat Jawa Timur. Ceritanya merupakan kejadian sehari-hari atau mengambil tokoh-tokoh  tertentu. Ludruk diperankan oleh kaum laki-laki, bahkan untuk tokoh perempuan sekalipun.
  7. Makyong
    Makyong adalah seni teater tradisional dari pulau Bintan, kepulauan Riau. Para pemerannya memakai topeng dan canggai. Pertunjukan Mak Yong diiringi alat musik, seperti rebab, gendang dan tetawak.
  8. Mamanda
    Mamanda adalah seni teater masyarakat Kalimantan Selatan. Tema cerita umumnya menggambarkan penguasa dan masyarakat. Pertunjukan Mamanda biasanya diiringi musik panting.
  9. Opak Alang
    Opak Alang adalah pertunjukan yang menyerupai ketoprak, tetapi hanya diiringi rebana. Pertunjukan ini populer di Jawa Tengah Bagian Utara.
  10. Randai
    Randai adalah kesenian tradisional Sumatra Barat yang menggabungkan seni lagu, musik, drama, tari dan silat. Biasanya para pemain berkelompok membentuk lingkaran, lalu melangkahkan kaki, dan menyampaikan cerita dalam bentuk nyanyian secara bergantian.
  11. Reog
    Reog adalah Kesenian rakyat dari daerah Ponorogo, Jawa Timur. Menurut versi resminya, kesenian ini berisi tentang Raja Ponorogo yang berniat melamar raja Kediri, Dewi Ragil Kuning. Namun ditengah perjalanan, ia dicegat oleh Raja Singabarong dari Kediri. Pasukan raja Singabarong terdiri dari merak, dan singa, sedangkan pasukan kerajaan ponorogo, raja kelono dan wakilnya bujang anom, dikawal oleh warok (pria berpakaian hitam-hitam dalam tariannya). Para warok memiliki ilmu hitam mematikan. Seluruh tariannya merupakan tarian perang antara pasukan Kerajaan Kediri dan Ponorogo, yang mengadu ilmu hitam. Para penari dalam keadaan "kerasukan" saat mementaskan kesenian ini.
  12. Rudat (Rodat)
    Rudat atau Rodat adalah Seni dari Jawa Barat yang memadukan antara tetabuhan dengan atraksi seni ibing beladiri. Seni ini menggunakan terbang dan bedug. Lagunya berisi tentang ajaran Islam.
  13. Srandul
    Srandul adalah Drama Tari rakyat bernafaskan Islam. Prtunjukan rakyat ini cukup dimainkan dihalaman rumah, di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.
  14. Tarling
    Tarling adalah kesenian daerah seperti ludruk yang berkembang di daerah Cirebon, Jawa Barat. Bentuk kesenian ini merupakan pertunjukan musik, tetapi disertai dengan drama pendek. Nama Tarling diambil dari dua alat musik yang dominan digunakan, yaitu gitar dan suling.
  15. Wayang golek
    Wayang golek adalah kesenian wayang kayu dari daerah Jawa Barat, yang dimainkan oleh seorang dalang serta diiringi gamelan dan penyinden. Kini, pertunjukan ini sering kali disertai dengan jaipongan dan lawak.
  16. Wayang kulit
    Wayang kulit adalah pertunjukan rakyat di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang dimainkan oleh seorang dalang, diiringi gamelan lengkap dengan waranggono (penyanyi). Ceritanya diambil dari Kisah Mahabarata dan Ramayana.
  17. Wayang Orang
    Wayang orang adalah kesenian dari daerah Jawa Tengah ceritanya diambil dari Mahabarata atau Ramayana. Para pemeran wayang orang memakai pakaian, hiasan, dan riasan wajah yang sama seperti pada wayang kulit. Pertunjukan ini diciptakan oleh sultan Hamengkurat I pada tahun 1731.
Itulah beberapa jenis pertunjukan rakyat yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat. Sumber:Erlangga RPUL.Hal.141-142.

2 Responses to " Jenis Pertunjukan Rakyat "

  1. Setiap daerah memiliki Pertunjukan khas masing masing. Saya dulu senang liat ketoprak. karena banyak guyonan. Tapi sekarang kesenian itu sudah jarang hadir kembali. karena perkembangan zaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, ketoprak mulai hilang sekarang, kasihan sekali ya budaya ini. hilang bagai ditelan bumi.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis