Latest Updates

Kedatangan Bangsa Spanyol ke Indonesia



Pada tahun 1521 ekspedisi Bangsa Spanyol berhasil mencapai kepulauan Maluku. Dalam pelayarannya dari Filipina, mereka singgah di pelabuhan Tidore, Bacan, dan Jailolo. Di Maluku Bangsa Spanyol memborong rempah-rempah. sebanyak-banyaknya. tindakan tersebut membuat Portugis merasa tersaingi, karena selama ini Portugis telah memonopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku.
Persaingan antara Bangsa Portugis dan Spanyol semakin berkembang. Mereka tidak hanya bersaing dalam perdaganagn tetapi juga bersaing dalam menguasai "pulau rempah". Akibatnya timbul ketegangan antara kedua bangsa tersebut.

Untuk menghindari konflik yang berkepanjangan, pada tahun 1529 mereka sepakat untuk membuat perjanjian yang di sebut perjanjian Saragosa.
Isi perjanjian Saragosa:
  1. bangsa portugis menguasai daerah Maluku hingga Tanjung Harapan.
  2. Bangsa Spanyol menguasai daerah Filipina.
Sejak adanya perjanjian tersebut, Spanyol meninggalkan Indonesia dan menuju Filipina. Dengan demikian, Spanyol tidak berhasil menancapkan kekuasaanya di Indonesia.

2 Responses to " Kedatangan Bangsa Spanyol ke Indonesia "

  1. Sejarah yang terlupakan....mungkin banyak yang tidak tahu akan sejarah ini termasuk saya. Artikel yang baik dan menambah wawasan, terima kasih sudah berbagi...!

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis