Latest Updates

Tips Sukses Belajar Sejarah

Hebat! Luar Biasa! Itulah kata-kata pujian yang dilontarkan orang ketika membicarakan Bu Ima. Siapakah Bu Ima itu? Dia adalah seorang pengusaha Wanita yang suskes. Bidang usahanya bermacam-macam, mulai dari pertanian, perdagangan, Industri, dan jasa. Dia merintis usaha tersebut mulai dari nol. Mengapa dia bisa sesukses itu? Ketika pertanyaan itu dilontarkan, jawaban yang muncul sungguh tidak terduga. "Saya belajar dari sejarah," begitu katanya. Apa kaitan sejarah dengan sukses yang diraihnya? "Saya mencontoh keberhasilan yang diraih oleh para tokoh sejarah dan menghindari kesalahan yang mereka lakukan," jawabannya sangat masuk akal.
Dari ilustrasi di atas dapat ditarik kesimpulan betapa pentingnya ilmu sejarah bagi kehidupan kita. Ternyata ilmu sejarah sangat berguna dalam menjunjung cita-cita. Apa cita-cita anda? Karena itulah anda harus belajar sejarah. Bagaimana cara belajar sejarah yang baik?
  1. Mengaitkan materi
    Sejarah adalah rangkaian peristiwa. Peristiwa yang terjadi saat ini akibat peristiwa masa lalu, dan menjadi penyebab peristiwa yang akan datang. Nah, rangkailah peristiwa-peristiwa itu. Buatlah rangkaian kejadian atau ringkasan agar mudah tersimpan dalam memori otak kita.
  2. Menyimak
    Simaklah materi yang ada dalam buku atau yang disampaikan oleh guru kita. Atau carilah informasimisalnya dari Iternet untuk melengkapi pemahaman kalian.
  3. Mencatat dan membuat ringkasan
    Buatlah catatan kecil tentang apa yang dijelaskan guru. Tempelkan catattan tersebut di dinding kamar, di meja belajar, atau dimanapun agar dapat dilihat ketika kalian lupa. Ingat! Catatan tersebut bukan untuk mencontek.
  4. Membuat Kata Kunci
    Buatlah kata-kata yang akan mengingatkan kalian tentang hal yang berkaitan dengan sejarah. Contoh: Kata India: akan mengingatkan kalian tentang Mahatma Ghandi, kata Majapahit mengingatkan akan Gajah Mada dan seterusnya.
  5. Tanya Jawab Berpasangan
    Untuk lebih memperkuat daya ingat kalian, ajaklah teman kalian untuk bertanya jawab tentang materi pelajaran yang telah dibahas. Semakin sering kalian melakukan tanya jawab maka semakin lekat materi tersebut dalam ingatan kalian.
  6. Melakukan kegiatan
    Lakukanlah kegiatan untuk memperkuat pemahaman kita tentang sejarah. Misalnya berkunjung ke tempat-tepat sejarah seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Benteng-benteng pada masa penjajahan yang masih ada dan sebagainya.
  7. Melatih kemampuan
    Untuk mengetahui keberhasilan metode belajar kalian, ujilah kemampuan kalian dengan soal-soal latihan yang ada buku materi sejarah. Ketika mengerjakan latihan tersebut, usahakan jangan melihat materi. Kerjakan semampu kalian dan nilailah secara jujur, nilai yang diperoleh menunjukan tingkat keberhasilan kalian.
Ok! Selamat mencoba, semoga nilai sejarahmu baik!

0 Response to " Tips Sukses Belajar Sejarah "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis