Latest Updates

Argumentasi

Argunebtasi adalah tulisan yang bertujuan meyakinkan atau membujuk pembaca  tentang kebenaran pendpat penulis. Karya tulis argumentasi ini pada dasarnya merupakan bagian dari karya eksposisi, sifat-sifat karya eksposisi ada pada argumentasi. Sifat khusus yang dimilikinya, yaitu untuk meyakinkan atau membujuk pembaca agar menerima pandangan penulis, maka karya eksposisi semacam ini  dinamakan argumentasi.
Ciri-ciri Karya Tulis Argumentasi, yang sekaligus membedakan dengan eksposisi, adalah sebagai berikut :

  1. Argumentasi bertujuan meyakinkan pembaca, sedangkan eksposisi bertujuan memberikan informasi dan penjelasan.
  2. Argumentasi berusaha membuktikan kebenaran suatu pendapat  atau pernyataan, sedangkan eksposisi hanya menjelaskan.
  3. Argumentasi berusaha mengubah pendapat atau pandangan pembaca, sedangkan eksposisi menyerahkan keputusan kepada pembaca.
  4. Argumentasi menampilkan fakta sebagai bahan pembuktian, sedangkan di dalam eksposisi, fakta ditampilkan sebagai alat mengkonkretkan.
Ciri-ciri tersebut jelas menunjukan bahwa argumentasi merupakan tulisan yang menekankan kepada proses penalaran, baik yang dilakukan dengan metode deduktif atau pun induktif. Artinya, di dalam bernalar orang boleh memilih cara deduktif, yaitu dengan jalan mengemukakan terlebih dahulu kesimpulan kemudian diiringi dengan uraian dan penjelasan.Sedangkan cara induktif ialah metode bernalar dengan terlebih dahulu mengemukakan uraian, penjelasan, dan contoh-contoh, kemudian mengemukakan kesimpulan.

Contoh Tulisan Argumentasi :

Saya benar-benar tidak setuju Galatarna dibubarkan seperti diusulkan Saudara Taufik. Memang benar,prestasi kesebelasan nasional kita sedang menurun akhir-akhir ini. Akan tetapi, kalau menurunnya prestasi persepakbolaan kita disebabkan oleh adanya Galatama, pendapat itu ngawur.
Menurut saya, justru karena Galatama itulah prestasi kita dapat ditingkatkan. Bila sampai sekarang belum berhasil, masalahnya hanya soal waktu. Saya yakin, bila Galatama dibina dengan sungguh-sungguh, dengan memberikan gaji yang baik kepada para pemain sehingga mereka memang dapat hidup sebagai pemain profesional, tentu saja mereka akan bermain dan berlatih dengan sepenuh hati dan tenaga. Selain itu, kita harus mengizinkan pemain asing masuk ke Galatama, sebab dengan adanya pemain asing yang bermutu akan dapat dicontoh oleh pemain kita, baik mengenai disiplin maupun teknik  bermain. Ada keuntungan lain, dengan adanya pemain asing yang berkualitas, tentu dapat menarik minat penonton. Dengan banyaknya penonton, maka Galatama akan semakin dapat tumbuh lebih sehat. Kita harus berani meniru cara kerja kesebelasan profesional Italia. Padahal mereka mempunyai banyak pemain kualitas dunia, namun mereka juga mendatangkan pemain asing. Lihat pula Spanyol, Jerman, dan Inggris yang melakukan kebijaksanaan sama. Bila itu yang kita lakukan, saya yakin Galatama kita semakin tumbuh sehat, dan akhirnya kualitas kesebelasan nasional kita akan meningkat pula.

0 Response to " Argumentasi "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis