Latest Updates

Fungsi dan Tujuan Paragraf

Adanya paragraf dalam setiap wacana atau karangan tentu mengandung maksud atau tujuan tertentu. Kalau tidak ada tujuan yang jelas dan penting, untuk apa paragraf itu diadakan dalam setiap wacana atau karangan. Tujuan dan fungsi paragraf itu antara lain sebagai berikut :
  1. Untuk memudahkan pengertian dan pemahaman pembaca, yaitu adanya gagasan yang dipilah-pilih di dalam satuan kecil. Kesatuan kecil itu dibungkus di dalam paragraf. Kemudian paragraf-paragraf itu secara bersama-sama menjunjung topik yang lebih besar. Kalau sebuah tulisan yang panjang tidak dipenggal ke dalam paragraf-paragraf, maka akan terjadi kesulitan besar bagi pembaca dalam mengikuti jalan pikiran penulis. Penulis juga akan kesulitan untuk memberikan tekanan di dalam menyajikan topik, sebab hanya melalui paragraf, penulis dapat memberikan penekanan bagian yang inti dan bagian yang sifatnya hanya berupa penjelas atau pendukung.
  2. Untuk memisah bagian uraian, penulis dapat secara jelas memperlihatkan langkah atau gerakan pikiran dari satu tahap ke tahap lain. Ditinjau dari segi pembaca, hal ini memudahlan mereka berhenti lebih lama dari perhentian akhir kalimat.
Itulah dua fungsi paragraf yang ada di dalam setiap tulisan, yang menyebabkan orang tidak boleh melalaikan atau menganggap remeh masalah pemakaian dan pengembangan paragraf. Kedua fungsi yang dinilai penting itu tidak mempunyai makna apapun  apabila pengembangan paragraf itu sendiri tidak mengikuti aturan pengembangan paragraf yang benar.
Secara umum, paragraf itu terdiri dari beberapa kalimat. Akan tetapi, dalam kenyataanya, paragraf itu tidak selalu terdiri dari dua kalimat atau lebih. Ada beberapa paragraf, yang karena fungsi dan sifatnya yang khusus menyebabkan paragraf itu sendiri hanya terdiri dari satu kalimat atau dua kalimat saja.
Paragraf yang biasanya terdiri dari satu atau dua kalimat adalah paragraf yang isinya berupa definisi, paragraf yang sifatnya mengantar suatu uraian, paragraf penutup, paragraf penyimpulan, paragraf dialog, paragraf tulisan berita, dan paragraf surat resmi.
Agar lebih jelas, perhatikan contoh paragraf yang hanya terdiri dari satu atau dua kalimat.

  1. Paragraf Definisi
    Ialah pengungkapan suatu konsep dengan menyebutkan ciri penanda yang pokok. Karena dipersyaratkan di dalam pemberian definisi, pengungkapan secara singkat dan padat menyebabkan paragraf definisi biasanya terdiri satu atau dua kalimat.
    Contoh :
    Yang dimaksud dengan paragraf ialah seperangkat kalimat yang mengacu kepada suatu topik.
  2. Paragraf Pembuka
    Seringkali di dalam tulisan di jumpai kalimat yang berada di bagian awal uraian, entah di awal bab, subbab, atau sub-subba, entah di bagian awal memasuki penjelasan lebih lanjut suatu gagasan atau topik.
    Contoh :
    Bila pada bagian terdahulu dibahas tentang cara pembiakan, maka bagian berikut akan dijelaskan tetang cara pemeliharaan.
  3. Paragraf Penghubung
    Sebuah tulisan merupakan uraian tentang suatu topik, maka uraian itu disajikan satu persatu, dari satu tahap ke tahap selanjutnya.
    Contoh :
    Sebelum mencoba menjawab pertanyaan tentang faktor penye-bab kenakalan remaja di atas, sebaiknya dibahas terlebih dahulu apa yang dimaksudkan dengan istilah 'kenakalan' dan 'remaja' serta pengertian 'kenakalan remaja' sehingga pembahasan tentang itu lebih terarah.
  4. Paragraf Penutup
    Tulisan yang panjang biasanya terdiri dari berbagai bab, subbab, dan sub-subbab. Masing-masing bagian ini tentu membahas tentang  satu atau beberapa gagasan yang saling terkait. Pada masing-masing bagian itu uraian dan pembahasannya cukup panjang.
    Contoh :
    Begitulah beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit jantung koroner, yang pada dasarnya, semua penyebab itu sangat terkait dengan perilaku kehidupan.
  5. Paragraf Penyimpulan
    Contoh:
    Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa gairah bertransmigrasi spontan semakin meningkat, terutama disebabkan oleh banyaknya bukti keberhasilan yang dicapai para transmigran yang terdahulu, dan ditambah pula adanya motivasi untuk meningkatkan kesejahteraan  keluarga.
  6. Paragraf Dialog Dalam Narasi
    Contoh :
    Lelaki tua itu masih rusuh memandangi kejauhan. Perlahan  matanya bening berkaca-kaca. Tak lama kemudian laki-laki necis tadi melewati pematang runtuh yang dilewati Pak Tua.
    "Permisi, Pak, Numpang Lewat!"
    "Oo.... anak muda, silahkan-silahkan"
  7. Paragraf Berita
    Contoh :
         Seorang pejabat senior Pembebasan Palestina (PLO) har Sabtu mengatakan bahwa PLo kini tengah mempertimbangkan penangguhan pembicaraan perdamaian Arab-Israel yang diadakan bulan depan di Washington, Amerika Serikat. Yasser Abed Rabbo, atas nama PLO, mengadakan pertemuan dengan para juru runding perdamaian Timur Tengah Palestina, guna membahas mengenai keikutsertaan Palestina dalam putaran  perundingan berikutnya yang diadakan tanggal 7 Desember mendatang di Washington
  8. Paragraf Surat
    Contoh :
        Kami sampaikan bahwa Karang Taruna Kreatif bermaksud mengadakan acara peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini dengan kegiatan antara lain lomba membaca puisi.
         Sehubungan dengan hal itu, kami mengharapkan agar Bapak bersedia menjadi salah seorang anggota dewan juri dalamlomba tersebut yang kami adakan pada tanggal 27 Oktober, mulai pukul 09 pagi, bertempat di halaman depan SD Angkasa, Tabing.
         Atas perhatian dan kesediaan Bapak, kami sampaikan terimakasih.
Begitulah contoh-contoh paragraf yang biasanya merupakan paragraf yang hanya terdiri dari satu kalimat.

0 Response to " Fungsi dan Tujuan Paragraf "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis