Latest Updates

Karangan Deskripsi

Contoh Deskripsi
Deskripsi adalah tulisan yang tujuannya untuk memberikan rincian atau detil tentang objek sehingga dapat memberi pengaruh pada emosi dan menciptakan imajinasi pembaca bagaikan melihat, mendengar, atau merasakan langsung apa yang disampaikan penulis.
Rumusan itu memperlihatkan bahwa, deskripsi merupakan karya tulisan eksposisi yang disajikan dengan menekankan kepada detil sehingga ia bagaikan foto kopi objek yang digambarkan. Deskripsi umumnya menggambarkan tentang sesuatu yang dapat diindera. Oleh sebab itu, pada umumnya, obyeknya berupa alam, benda, tempat suasana, dan manusia.

Ciri-ciri karya tulis deskripsi, yang membedakan dengan eksposisi adalah sebagai berikut :
  1. Deskripsi berupa memperlihatkan detil atau rincian tentang objek, sedangkan eksposisi cenderung menyajikannya secara umum.
  2. Deskripsi lebih bersifat mempengaruhi emosi dan membentuk imajinasi pembaca, sedangkan eksposisi tidak.
  3. Deskripsi umumnya menyangkut objek yang dapat diindera oleh pancaindera sehingga objeknya, pada umumnya, benda, alam, warna, dan manusia, sedangkan eksposisi menyangkut tentang semua hal.
  4. Deskripsi disampaikan dengan gaya memikat dan dengan pilihan kata yang menggugah, sedangkan eksposisi disajikan dengan gaya lugas.
  5. Organisasi penyajiannya lebih umum menggunakan susunan ruang, sedangkan eksposisi pada umumnya menggunakan susunan logis.
Selain ciri khusus tersebut, semua persyaratan yang dimiliki oleh eksposisi juga dimiliki oleh deskripsi karena deskripsi merupakan bagian dari karya eksposisi. Ciri khusus yang tidak dimiliki eksposisi ialah cara penyajian yang mendetail dan memikat.

0 Response to " Karangan Deskripsi "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis