Latest Updates

Latar Belakang Perang Dunia I

Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia I - Pada sekitar abad XIX, Inggris memelopori Revolusi Industri di Eropa. Revolusi Industri tersebut berdampak luar biasa bagi kehidupan masyarakat Eropa, bahkan dunia. Banyak penemuan baru disna. Mesin uap, telepon, dan listrik adalah penemuan menakjubkan pada masa itu,
Namun, Revolusi Industri juga berdampak pada kekacauan dimana-mana. Kekacauan itu timbul karena keinginan suatu negara untuk menguasai dunia. Misalnya, Inggris ingin mendirikan imperium dan negara-negara lain harus tunduk kepadanya. Keinginan imperialis itu sangat masuk akal. Mereka membutuhkan bahan-bahan untuk memajukan industrialisasi. Mereka ingin mendapatkan lebih dari yang seharusnya mereka peroleh.
Selain Inggris, negara-negara Eropa seperti Belgia, Perancis, Jerman, dan Italia berlomba memperluas daerah mereka. Mereka ingin berkuasa melebihi yang lain. Situasi seperti itulah yang kemudian berkembang dan memunculkan perang besar, yaitu perang dunia I pada tahun 1914 - 1918.
Meletusnya perang dunia I dilatarbelakangi oleh beberapa sebab yang dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu sebab-sebab bersifat umum dan sebab-sebab bersifat khusus.
Sebab-sebab umum perang dunia I adalah:

  1. Persaingan antar negara dalam bidang ekonomi dan politik
  2. Perkembangan paham Nasionalisme
  3. Munculnya aliansi (persekutuan) Negara-negara
  4. Perlombaan Persenjataan
Sebab-sebab khusus terjadinya perang dunia I antara lain:
Tentara Austria sedang mengadakan latihan perang di Bosnia. Serbia menganggap latihan perang yang dilakukan oleh Austria tersebut sebaga pmer kekuatan. Pada tanggal 28 Juni 1914, Putra Mahkota Austria, yaitu Frans Ferdinan beserta istrinya mengunjungi Sarajevo untuk melihat latihan perang tentara Austria. Akan tetapi, mereka dibunuh oleh seorang Serbia bernama Gabriel Princip dari kelompok Black Hand.
Austria menuntut kepada Serbia agar menyerahkan pembunuh putra mahkota beserta istrinya tersebut dalam tempo 1 bulan. Tuntutan Austia tersebut tidak dihiraukan oleh Serbia yang saat itu mendapat dukungan Rusia. Pada tanggal 28 Juli 1914, Austria menyatakan perang kepada Serbia.Pengumuman perang Austia ini didasarkan pada pertimbangan bahwa Jerman sebagai sekutunya dalam Triple Alliance tentu akan membantunya. Sebaliknya, serbia pun berharap Rusia sebagai anggota Pan Slavisme akan membantunya.
Pengumuman perang Austria kepada Serbia segera diikuti oleh pengumuman perang lainnya, yaitu Jerman terhadap Rusia (tanggal 1 Agustus 1914), perancis terhadap Jerman (tanggal 3 Agustus 1914), dan Inggris terhdap Jerman (tanggal 4 Agustus 1914). Saat itu berkobarlah pertempuran di eropa yang semakin hari semakin memanas dan meluas.

12 Responses to " Latar Belakang Perang Dunia I "

  1. Wah ini dia yang aku cari. Informatif sekali. Aku juga suka mengupas tentang sejarah Jerman. dan artikel ini sangat memberi informasi. Danke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya mba, dan makasih kunjungannya

      Delete
  2. tinggal nunggu perang dunia ke 3 nya mas, kapan yak??

    ReplyDelete
  3. brarti penyebabnya belahan bumi sebelah sana ya mas. bukan belahan bumi sebelah sini

    ReplyDelete
  4. Yang paling saya inget sih gara-gara pembunuhan pangeran austria ituh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baca di blog lain juga seperti itu gan

      Delete
  5. Pada intinya, watak manusia itu ingin menguasi orang lain ya ?
    Industrialisasi, telah merubah peradapan manusia. Siapa yang menang mengembangakan teknologi merekalah yang berkuasa.
    Pangeran autria mungkin saat itu belum mendapat pengamanan ketat atau mungkin intelejennya kurang bekerja dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu zaman dulu ya mas, sekarang mungkin sudah tdk lg

      Delete
  6. bermanfaat sekali postingannya terutama buat yg masih sekolah :D jadi berasa belajar sejarah lagi pas baca :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis