Latest Updates

Mari Intropeksi Diri

"Diantara nikmat Allah yang diberikan kepadaku adalah aku bisa bersabar degan sikap buruk masyarkat, istriku dan pembantuku. Semua itu terjadi karena aku memiliki keyakinan, bahwa apa yang aku alami sesuai dengan hubunganku dengan Tuhanku. yang salah hakikatnya adalah diriku bukan mereka.
Jika tongkat lurus, bayangannya tentu juga lurus. Jika tongkat bengkok, bayangannya tentu juga bengkok. Seorang yang ingin bayangan sebuah benda lurus, padahal bendanya sendiri bengkok, maka dia telah mengharapkan suatu yang mustahil terjadi. Buruknya sikap istri atau pembantu adalah cerminan dari memburuknya akhlak kita. Seorang yang bijaksana tentu akan mengintropeksi kesalahan dirinya saat mendapati istri, pembantu, atau anaknya bersikap tidak seperti biasanya. Kemudian dia akan memperbaiki akhlak dan amal ibadahnya kepada Allah. Sikap buruk keluarga dan orang lain tentu akan segera berubah.

Seorang yang bodoh, dia akan memperintahkan istrinya untuk taat, tetapi dia sendiri tak merubah perbuatan buruknya dan amalnya kepada Allah. Yang terjadi justru istrinya bertambah membangkang. Bahkan jika dia membawa ke pengadilan dan mentalak istrinya dan dia berharap akan menemukan pendamping yang lebih baik, itu tidak akan terjadi. Karena selama dirinya bersikap dan berakhlak buruk, siapapun wanita yang diperistrinya akan bersikap buruk pula. Meski sebelumnya dia adalah wanta baik-baik.
Jika ada orang yang bersikap tidak baik pada kita, segera intropeksi diri. Tentu ada yang salah dalam akhlak kita pada sesama dan amal ibadah kita pada Allah.
Meski dalam kenyataan kehidupan 'setiap orang terkena perlakuan buruk adalah akibat perbuatannya sendiri' hanya bersifat umumnya atau yang galib terjadi. Faktanya, para Nabi dan ulama memiliki akhlak yang baik tetap punya musuh dan mendapat perlakuan buruk dari orang lain.
Namun tidak ada salahnya kita memusahabah kekurangan diri kita agar menjadi pribadi yang lebih baik.
Diterjemahkan dari Minan Kubra Karya Syaikh Abdul Wahhab Asy Sya'rani

2 Responses to " Mari Intropeksi Diri "

  1. Mengintropeksi diri terlebih dahulu itu lebih baik yaa sob :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis