Latest Updates

BAGIAN-BAGIAN SKRIPSI (1)

Secara umum skripsi disajikan dalam tiga bagian besar, yaitu: bagian awal, bagian utama dan bagian akhir.
  1. Bagian awal
    Bagian awal skripsi terdiri atas urutan: 1)halaman sampul, 2) halaman judul, 3) abstrak, 4) halaman persetujuan 5) nota dinas, 6) halaman pernyataan otensititas, 7) halaman pengesahan, 8) riwayat hidup, 9) kata pengantar, 10) daftar isi, 11) daftar tabel, 12) daftar gambar, dan 13) daftar lampiran.
    1. Halaman sampul dan Halaman Judul
      Isi halaman sampul yakni memuat judul skripsi, jenis karya ilmiah, lambang Perguruan tinggi, nama dan nomor induk penulis, nama program studi, serta tahun lulus (bukan tahun wisuda). Sampul skripsi digunakan kertas tebal (hard cover) dari bahan karton yang keras dan dilapisi plastik transparan. Adapun warna sampul skripsi bergantung pada kode warna prodi dan jurusan masing-masing, yaitu merah untuk prodi syariah, hijau untuk prodi tarbiyah dan lainnya.
      Isi halaman judul hampir sama dengan halaman sampul. Halaman sampul memuat : judul skripsi, logo PT (Perguruan Tinggi) nama dan nomor induk penulis, nama program studi dan jurusan, STAIMA Kota Banjar, serta lulus tahun (bukan tahun wisuda). Halaman sampul memuat : judul skripsi, maksud, nama dan nomor induk penulis (NPM&NIRM), nama program studi dan jurusan, STAIMA Kota Banjar, serta tahun lulus (ukan tahun wisuda).
      Judul penelitian hendaknya menarik, positif, singkat, spesifik, tetapi cukup jelas untuk menggambarkan penelitian yang di kerjakan dan tidak lebih dari 12 kata (tidak termasuk kata sambung dan kata depan) Maka dari itu, judul skripsi sebaiknya memuat hal-hal: a) sifat dan jenis masalah (penelitian), b) objek yang diteliti, c)subjek penelitian, d) lokasi atau daerah penelitian, dan e) tahun atau waktu terjadinya peristiwa. Secara umum, judul penelitian lapangan biasanya menunjukan hubungan antara variabel, sedangkan dalam penelitian literatur judul penelitian umumnya hanya terdiri dari satu variabel.
    2. Abstrak
      Abstrak merupakan ulasan singkat mengapa penelitian dilakukan, bagaimana penelitian dilaksanakan, hasil yang penting, dan disimpulkan utama dari hasil penelitian. Abstrak berisi ringkasan dari latar belakang masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam 150-200 kata. Panjang abstrak tidak lebih dari satu halaman serta diketik dengan satu spasi. Adapun letak abstrak setelah halaman judul.
      Kata "abstrak" ditulis dengan huruf kapital dan diletakkan di tengah atas. Nama lengkap penulis diketik dua spasi dibawah judul dan dimulai dari batas kiri.
      Nomor induk mahasiswa (NPM) dan disusul judul skripsi. Kata-kata dalam judul yang masih merupakan bahasa asing (Arab, Inggris, atau lainnya) diketik dengan huru miring.
    3. Halaman Persetujuan Pembimbing
      Halaman persetujuan pembimbing memuat:
      a) judul, b) nama mahasiswa, c) nomor induk, d) nama, NIRM, dan tanda tangan para pembimbing.
    4. Nota dinas
      Halaman nota dinas ditanda tangani oleh para pembimbing yang menyatakan bahwa naskah skripsi telah melalui proses penelaahan dan perbaikan. Oleh karena itu, skripsi ini sudah layak untuk diujikan dalam munaqasah.
    5. Halaman Pernyataan Keaslian
      Halaman ini memuat pernyataan tertulis dari penulis yang meyatakan bahwa isi skripsi secara keseluruhan merupakan hasil penelitian atau karya sendiri, bukan jiplakan, kecuali pada bagian-bagian yang dirujuk sumbernya. Halaman ini ditandatangani oleh penulis diatas kertas bermaterai 6000.
    6. Halaman pengesahan
      Halaman pengesahan memuat judul skripsi, nama mahasiswa, nomor induk mahasiswa, tanggal ujian munaqasah, serta nama dan tanda tangan tim penguji.
    7. Riwayat hidup
      Riwayat hidup penulis ditulis pada satu halaman. Didalamnya diuraikan tempat dan tanggal lahir penulis, nama kedua orang tua, riwayat pendidikan, riwayat di STAIMA Kota Banjar, informasi mengenai publikasi ilmiah yang penting, penghargaan akademik, beprengalaman di bidang keilmuan, kemahasiswaan, beasiswa, aktivitas dalam organisasi kemahasiswaan dan kemasyarakatan.
    8. Kata Pengantar
      Kata pengantar sebaiknya ditulis tidak lebih dari satu halaman . Uraian dalam kata pengantar sekurang-kurangnya berisi: a) penjelasan mengenai adanya tugas pembuatan skripsi, b) penjelasan mengenai pembuatannya, c) informasi tentang bimbingan atau arahan dan bantuan yang diperoleh di dalam pembuatan skripsi, d) ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam penyelesaian skripsi, e) tidak diperkenankan menggunakan bapak atau ibu, cukup dengan menyebutkan nama lengkap dan gelar, dan f) penyebutan tempat, tanggal, bulan, tahun pembuatan skripsi, dan nama penulis.
    9. Daftar Isi
      Daftar isi disusun berurutan menurut nomor halaman yang memuat bagian awal skripsi, bagian utama (yang dituangkan dalam judul bab serta subbab), serta bagian akhir, daftar pustaka, dan lampiran.
      "Daftar isi" sebagai tajuk ditulis dengan huruf kapital semua, ditempatkan di tengah, dan tidak diberi garis bawah. Di dalam penulisan daftar isi, yang berjarak empat spasi dari tajuk, perlu diperhatikan hal-hal berikut.
      1. Kata Pengantar, daftar singkatan (jika ada), bab, daftar pustaka, lampiran, ditulis dengan huruf kapital semua dan tidak diberi garis bawah, sedangkan subbab ditulis dengan huruf kapital pada awal kata yang bukan kata tugas dan tiap-tiap katanya tidak diberi garis bawah.
      2. Butir-butir daftar isi tidak bernomor serta ditulis tepat dari margin kiri. Bab-bab yang bernomor Romawi besar di dalam daftar isi tetap memakai nomor angka romawi besar.
      3. Diantara tulisan bab dan nomornya, demikian pula diantara bab dan tajuknya, tidak ada titik, tetapi ada jarak satu ketukan. Jika nomor bab atau subbab dan tajuknya tidak termuat di dalam satu baris, digunakan baris kedua dan seterusnya.
    10. Daftar Tabel dan daftar Gambar
      Daftar tabel dan gambar diketik pada halaman tersendiri dengan format seperti daftar isi. Nomor tabel atau nomor gambar menggunakan angka Arab. Nomor diketik tepat ada permulaan margin kiri, dua spasi dibawah "Daftar Tabel" atau "Daftar Gambar". Judul tabel atau gambar dalam daftar tersebut harus sama dengan judul tabel atau gambar dalam teks (naskah). Judul tabel dan judul gambar diawali dengan huruf kapital, lalu nomor halaman ditulis sesuai dengan yang terdapat dalam teks.
    11. Daftar Lampiran
      Seperti halnya tabel dan gambar, lampiran dibuat daftarnya bila terdapat lebih dari dua lampiran dalam skripsi. Penulisannya sama seperti penulisan daftar tabel dan daftar gambar. Lampiran disusun dengan nomor urut sesuai dengan urutan penyebutannya dalam teks (naskah) skripsi.

7 Responses to " BAGIAN-BAGIAN SKRIPSI (1) "

  1. Alhamdulillaah..., penting banget neh, terutama bagi teman2 mahasiswa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya nih, kebetulan istri lg Skripsi jadi sy share

      Delete
  2. wah bagian awal aja terdiri dari puluhan sub yamas.
    saya tunggu bagian selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas yanto, entar kalo dah sempat tak lanjut ke bagian kedua nya (bagian isi)

      Delete
  3. saya tadi cari posisi isi. baru nyadar kalo ini bagian awal aja.
    sangat manfaat ini. tinggal lanjutannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagian is belum sempat gan, tunggu aja ya gan!

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis