Latest Updates

Perlawanan Untung Surapati (1686-1706)

Untung Sutopati adalah seorang anak bangsawan Bali yang ditawan dan dijadikan budak belian oleh Edeler Moor (seorang pengurus harian VOC). Berkat kepandaiannya, Unung Suropati diangkat menjadi prajurit VOC. Ia mendapat tugas menangkap Pangeran Purbaya, Putra Sultan Agung dari Banten yang melarikan diri.
Pada suatu hari Untung Suropati dihina oleh prajurit Belanda yang bernama Kuffier. Akhirnya, Kuffier di bunuh oleh Untung Suropati. Kemudian Untung Suropati meninggalkan VOC dan bergabung dengan Sunan Mas (Amangkurat III) di Mataram. Pada waktu itu VOC mencalonkan Pangeran Puger  sebagai Raja baru di Mataram, menggeser kedudukan Amangkurat III. Kemudian terjadilah kerjasama yang kuat antara Untung Surapati dengan Amangkurat III untuk melawan Pangeran Puger dan VOC. Selanjutnya pertahanan Untung Suropati dipindahkan ke Jawa Timur.

Pada tahun 1706 VOC mengirim pasukan ke Jawa Timur untuk menyerang Untung Suropati. Dalam pertempuran di Bangil, Untung Suropati gugur. Perlawanan Untung Suropati dilanjutkan oleh Amangkurat III, tetapi dapat di patahkan oleh VOC. Akhirnya, Amangkurat III dapat ditangkap oleh VOC dan dibuang ke Sri langka.

0 Response to " Perlawanan Untung Surapati (1686-1706) "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis