Latest Updates

Pengertian Homonim, Homofon, dan Homograf.

Dalam Uji Kompetensi Guru yang di mulai tanggal 9 November 2015 lalu ada beberapa soal UKG yang muncul mengenai Bahasa Indonesia. Berikut ini yang kemarin saya alami setelah mengikuti UKG. Diantaranya materi tentang Homofon, Homograf, Homonim. Untuk lebih jelasnya, yuk kita pelajari Pengertian Homofon, Homogen, Homograf dll.
  1. Pengertian Homonim
    Homonim adalah suatu kata yang memiliki arti/makna yang berbeda akan tetapi lafadh atau ejaannya sama.
    Jika lafalnya sama disebut homograf, namun jika yang sama adalah ejaannya maka disebut homofon.
    Definisi Homonim Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
    Homonim adalah kata yang sama lafadh dan ejaannya, tetapi berbeda maknanya karena berasal dari sumber yang berlainan (seperti hak pada hak asasi manusia, dan hak pada hak sepatu).
  2. Pengertian Homograf
    Homograf (bahasa Yunani: ὁμός, homós, "sama" dan γράφω, gráphō, "tulis") adalah suatu kata yang sama ejaannya dengan kata lain, tetapi berbeda lafadhnya dan maknanya. Dalam bahasa Indonesia, contoh homograf antara lain adalah "teras" yang dapat bermakna inti kayu atau bagian rumah, dan "apel", yang dapat bermakna buah atau kumpul.
    Baca Juga: Konsep Dasar Pembelajaran
  3. Pengertian Homofon
    Homofon (bahasa Yunani: ὁμός, homós, "sama" dan φωνή, phōnḗ , "bunyi") adalah kata yang diucapkan sama dengan kata lain tetapi berbeda dari segi maksud. Perkataan-perkataan yang homofon mungkin dieja dengan serupa atau berbeda; "buku" (bahan bacaan) dan "buku" (bagian di antara dua ruas); "massa" (dalam perkataan media massa) dan "masa" (waktu). Perkataan-perkataan ini adalah serupa dari segi sebutan tetapi mempunyai arti yang berbeda, atau merujuk kepada perkara yang tidak sama. Homofon merupakan sejenis homonim, meskipun kadang-kala homonim digunakan untuk merujuk hanya kepada homofon yang mempunyai ejaan yang sama tetapi arti yang berlainan. Istilah ini juga digunakan untuk unit-unit yang lebih singkat daripada perkataan, seperti huruf atau beberapa huruf yang disebut sama dengan huruf lain atau kumpulan huruf yang lain.
    Homofon adalah istilah yang berlawanan dengan homograf.

Sekian Pengertian Homonim, Homograf, Homofon.Semoga Tulisan Pengertian Homonim, Homograf, Homofon ini bisa membantu anda dan semoga bermanfaat.
Baca Juga: Komponen-komponen Strategi Pembelajaran.

0 Response to " Pengertian Homonim, Homofon, dan Homograf. "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis