Latest Updates

Kebiasaan Baik Yang Membuat Otak Kita Semakin Encer

Apa kegiatanmu setiap hari? Membaca? Meonton TV, Bermain dengan teman? Belajar Kelompok? Berbagai langkah banyak ditempuh oleh orang agar otak mereka menjadi lencer. Dari belajar sampai kursus atau mengikuti bimbingan belajar di sore hari. Semua itu merupakan beberapa langkah agar otak mereka menjadi encer. 
Sebetulnya ada banyak hal yang bisa kita perbuat agar otak kita menjadi encer, berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa kita lakukan agar otak kita menjadi encer.
  • Baca Buku Fiksi Dan Non Fiksi
    Coba deh baca buku setiap minggu. Kalo kamu jomblo, momen malam minggu bisa kamu manfaatkan buat baca buku lho. Minimal buku pelajaran lah yah  /lumayan buat investasi otak kalo ada ulangan dadakan. Wehehe :p /. Kamu bisa membaca buku kapanpun kamu ada waktu, niat dan mood yang bagus pastinya, kamu bisa juga baca di kendaraan umum, di halte atau bahkan di WC.
    Nah, buku fiksi ini bagus untuk memahami karakter dan menyelami perspektif yang berbeda, contohnya novel dan komik /untuk kamu yang melankolis pasti sudah khatam dengan bacaan seperti ini/. Sedangkan buku nonfiksi bisa memperkenalkan kamu pada topik-topik baru, seperti politik, hukum dan ekonomi. Contohnya yang paling simpel yaa tadi, buku pelajaran.
  • Baca Koran
    Kalo selama ini kamu beranggapan bahwa baca koran itu cuma kerjaannya bapak-bapak, kamu salah besar soalnya kakek-kakek juga sering baca koran. Koran (dan media sosial berita lainnya) membantumu untuk lebih peka pada hal-hal penting tentang gebetan dan yang terjadi di dunia mantan.
    Dari media tersebut kamu bisa belajar untuk membentuk pendapatmu sendiri dan mengaitkan kail pancing sesuatu dari hal yang keliatannya gak berkaitan dan sepintas gak nyambung. Dengan begitu, secara otomatis wawasanmu jadi lebih luas. Kalo udah gini, kamu gak akan kehabisan topik pas kamu lagi ngobrol sama pacar /okay. salah fokus.
  • Paksa Otakmu Untuk Menghasilkan Beberapa Ide Tiap Hari
    Idenya bisa tentang apa aja. Misalnya ide bikin video kejutan ulang tahun buat pacar /cocok buat yang punya pacar/, caranya biar bisa begadang tapi tetap sehat /cocok buat pejuang skripsi/, gimana cara bikin kebetan biar gak ketauan guru / cocok buat pelajar masa kini (˘̶ِ̀ ˘̶́’) plak!/. Pokoknya ide apa aja deh! Gak masalah idenya unik, masuk akal atau bahkan ngaco.
    Siapa tau ide-ide brilian kamu bisa ditindaklanjuti jadi sesuatu yang bisa  menghasilkan beberapa helai dolar dan masuk kedalam rekor MURI. Oh iya, jangan lupa catat ide kamu kedalam buku catatan sipil.
  • Nonton Video yang Edukatif
    Kadang lebih asik dan lebih mudah menangkap suatu subjek dengan melihatnya secara langsung dibanding membaca, terutama kalo kamu tipe visual learner. Kamu bisa nonton video-video seminar TED /bukan film TED yang beruang itu yah/ dan belajar dari pengalaman mereka yang jadi pembicara disana, atau kanal Youtube kayak SmarterEveryDay yang memberikan pengetahuan dengan cara yang seru, jadi lebih gampang nempel dikepala. Sebenarnya gak masalah juga sih kalo kamu nonton TV. Asalkan saluran yang kalian simak bermanfaat dan bersifat edukatif. Kalian bisa nonton National Geographic untuk memperdalam pengetahuan kamu tentang alam semesta. Sebaiknya kurangi asupan sinetron untuk mata dan pikiran kamu. Salah-salah nanti kamu malah jadi korban sinetron. Misalnya, karena pacar kamu ganteng kamu jadi curiga kalo dia bukan manusia melainkan serigala atau manusia harimau /kalo pacar kamu ganteng.
  • Bagikan Pengetahuanmu Ke Orang Lain
    Setelah (bertahun-tahun) kamu mempelajari suatu hal yang baru dan bermanfaat, coba sumbangkan ilmu ke orang lain agar ilmumu itu makin tajam dan otakmu semakin terasah. Temukan dan ajak teman yang bisa dan mau bertukar pikiran biar pengetahuanmu nambah dan kamu bisa menemukan perspektif yang berbeda. Ingat, diskusinya yang sehat yah,  guys! ;)
  • Langganan Website yang Menyajikan Informasi Menarik
    Udah banyak kok website yang membagikan artikel mendidik dan inspiratif. Kamu juga bisa follow akun-akun mereka di media sosial, biar kamu bisa belajar berbagai macam hal lewat linimasa atau newsfeed-mu. Belajar gak harus dari buku aja kan? Pengalaman juga wajib dipelajari loh. Wehehe
  • Buatlah Done-List Harian Kamu
    Menjelang kamu tidur, tuliskan hal-hal yang telah kamu selesaikan hari itu. Sama seperti menulis buku harian, kegiatan ini bisa membantu kamu merasa lebih baik dengan berbagai macam hal yang udah kamu capai, terutama kalo kamu lagi galau karena diselingkuhi pacar. Daftar ini juga bisa mengevaluasi seberapa produktif kehidupan kamu tiap harinya dan kamu juga bisa merencanakan kegiatan esok hari dan seterusnya dengan lebih baik tanpa dibayang-bayangi wajah mantan yang udah bikin kamu galau.
  • Tuliskan Apa Saja yang Sudah Kamu Pelajari
    Kamu bisa menulis di blog tentang apa aja yang udah kamu pelajari hari itu. Pelajaran disini gak cuma tentang apa aja yang telah kamu pelajari dibangku sekolah/kuliahan, misalnya pelajaran hidup. Dengan mempostingnya di blog kamu dapat menelusuri hal-hal yang udah kamu pelajari selama ini tanpa mantan. Dan kamu pun akan belajar lebih serius dari pengalaman, karena harus membaginya di blog yang akan dibaca banyak orang, malu kan kalo ilmunya cuma setengah-setengah?
  • Stimulasi Otakmu
    Latih otakmu dengan soal-soal atau kuis yang diberikan oleh  guru/dosenmu dengan ikhlas. Kamu juga bisa mengasahnya dengan bermain game, misalnya TTS, sudoku, atau situs asah otak seperti Lumosity biar otakmu tetap encer dan mentalmu terjaga. Kalo kebetulan kamu sedang dalam perjalanan, kamu bisa beli TTS pada abang-abang yang berkeliling menjajakan dagangannya disekitar terminal untuk mengusir kejenuhanmu menunggu gebetan yang belum pasti jadwal keberangkatan bus.
  • Ikut Kursus Online
    Internet adalah jendela dunia, bukan cuma buku aja guys. Lewat internet, kamu bisa kursus berbagai macam ilmu secara online, baik berbayar maupun gratis. Lewat kursus online ini, pembelajaranmu akan lebih fokus, terstruktur dan gak harus tatap muka dengan tutor. Tapi disarankan jangan ambil banyak-banyak, fokuskan ke satu atau dua materi yang paling kamu minati aja. Kebanyakan materi juga gak bagus buat otak kamu. Kalo otak kamu nge-hang kan repot gak ada cadangannya, yang ada kamu makin stress. Wehehe :P
  • Nongkrong Sama Orang-Orang yang Lebih Cerdas Dari Kamu
    Kamu perlu nongkrong sama orang-orang cerdas, biar wawasanmu juga lebih luas. Bersikaplah rendah hati dan mau belajar dari mereka. Kalo kamu sering nongkrong sama orang-orang yang pengetahuannya di atas kamu, mau gak mau kamu juga harus banyak belajar buat mengimbangi mereka. Inget gak pepatah ini, jika kamu berteman dengan tukang minyak wangi, secara otomatis kamu ikut wangi. Nah, intinya sih gitu. Siapa tau cerdasnya teman kamu bisa nular ke kamu. wehehe
  • Ikuti Rasa Ingin Tahumu
    Kalo kamu berpapasan dengan sesuatu yang keren atau bikin kamu penasaran, cari tahu. Jangan cuma dibiarkan berlalu. Ikuti rasa ingin tahumu dan temukan jawabannya di google.
  • Lawan Rasa Takutmu
    Lawan rasa takut dengan keluar dari zona nyamanmu. Setiap hari, dorong gebetanmu ke jurang hatimu dirimu untuk melakukan hal yang kurang menyenangkan tapi bisa membuatmu berkembang. Nah, dari situlah kamu bisa belajar hal-hal yang belum pernah kamu coba karena rasa takutmu itu.
  • Jelajahi Tempat-Tempat Baru
    Kamu mungkin gak bisa traveling tiap hari, tapi kamu bisa menjelajah sudut-sudut kota tempat tinggalmu dan menemukan hal baru atau berkenalan dengan orang baru. Itu lebih produktif daripada cuma nonton TV dan mantengin medsos, ya kan?
  • Bikin Hobimu Jadi Produktif
    Memang lebih asik kalo kita mempelajari sesuatu yang kita suka. Kenapa gak pelajari sesuatu yang sesuai sama hobimu aja? Kalo kamu suka musik, pelajari lagu baru atau malah alat musik baru. Kalo kamu suka nulis, biasakan menulis tiap hari. Kalo kamu suka selfie, kenapa gak coba belajar jadi model?
Terapkan Apa Aja yang Udah Kamu Pelajari
Ilmu yang telah kamu pelajari akan terasah jika kamu terapkan sesering mungkin. Learning-by-doing adalah salah satu cara efektif untuk tambah cerdas dan memperttajam ingatan.
Nah, jadi tambah cerdas bukan berarti harus punya gelar S2 kan? Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas secara rutin juga bisa bikin kamu tambah cerdas. Tapi semua itu gak mudah lho, karena kamu harus konsisten. Kalo kamu punya tips atau kebiasaan lain yang bisa bikin pintar, jangan malu-malu membagikannya di kolom komentar yaa

0 Response to " Kebiasaan Baik Yang Membuat Otak Kita Semakin Encer "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis