Latest Updates

Fungsi UKS



UKS (Usaha Keshatan Sekolah) memiliki dua fungsi dasar yaitu sebagai berikut :

  1. Fungsi Pendidikan
    UKS berperan dalam memberikan pengetahuan yang berkaitan dengan masalah-masalah kesehatan kepada para siswa/anak sehingga ke depannya mereka bisa terus mempraktikan gaya hidup sehat dimana pun mereka berada.
  2. Fungsi Pemeliharaan dan Pelayanan
    Dalam fungsi pemeliharaan dan pelayanan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh UKS, seperti:
    • Pemeriksaan kesehatan umum kepada para murid dan  warga sekolah lainnya (tanpa perlu menunggu adanya gejala penyakit).
    • Pencegah penyakit menular. Sebagai contoh, jika di suatu kelas dijumpai satu atau lebih anak yang terjangkit fli burung.
    • Pertolongan pertama pada kecelakan (P3K). UKS bisa menjadi tempat pertolongan/pengobatan sementara untuk melakukan tindakan medis kepada pasien/korban sebelum bantuan medis dari rumah sakit/puskesmas (misalnya ambulans) tiba.
    • Pengawas kebersihan sekolah. Lingkungan sekolah yang bersih adalah syarat untuk menciptakan lingkungan yg sehat, dan UKS bisa menjadi pengawal untuk mewujudkan kondisi tersebut.
    • Peningkatan kesehatan para siswa dan warga sekolah. Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan pemberian vitamin dan makanan bergizi misalnya secara cuma-cuma.

0 Response to " Fungsi UKS "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis