Latest Updates

Contoh Kultum Tema : "Tanda-tanda Orang Arif"

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Alhamdulilahirobbil'alamin Wabihi Nasta'inu 'ala umuriddunnya waddin, wa'ala alihi wa ashabihi ajma'in amma ba'du.
Yang kami hormati............................, beserta..............., hadirin sekalian yang berbahagia.

Untuk mengawali pembicaraan kami, marilah kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt,. dengan limpahan rahmat-Nya kita sekalian bisa aktif mengikuti kegiatan kultum, tanpa ada halangan suatu apapun.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi kita Muhammad SAW, karena beliaulah sebagai suri tauladan dalam hidup ini. Mudah-mudahan kita termasuk umatnya yang senantiasa setia kepadanya.

Hadirin sekalian yang berbahagia.
Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan materi tentang tanda-tanda orang arif sebagai mana yang pernah dikatakan oleh Usman yang artinya sebagai berikut :
Tanda-tanda orang arif ada delapan. Hatinya penuh rasa takut, tapi penuh harapan, lisannya penuh puji dan puja, dua matanya penuh rasa malu dan tangis, dan kehendaknya selalu mengabaikan dunia dan mnecari ridha allah.

Rasa takut terpangkal dari pengenalan/makrifat hati seseorang terhadap kebesaran dan keagungan Allah Swt. Disamping itu juga merasa takut akan pedihnya siksa yang menimpa pada orang-orang durjana. Dengan mengenal hal semacam ini, maka timbullah rasa takut, maka bisa membuahkan hasil yakni menjauhkan dari perbuatan maksiat kepada . Sedangkan rasa optimis berpangkal pada pengenalan hati kepada luasnya anugerah Allah, kenikmatan yang amat luas dan abadi, dan semuanya ini akan diberikan kepada hambanya yang benar taat perintah-Nyadanmeninggalkan larangan-Nya . Dengan mengetahui hal semacam ini yaitu menggembiakan tersebut, kemudian tumbuhlah suatu harapan, yang pada kahirnya mereka bersungguh-sungguh dan semangat melakukan perintah-perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Berkaitan dengan hal tersebut Rasul pernah bersabda yang artinya:"Tiada terkumpul harapan dan rasa takut dalam hati seorang mukmin, melainkan Allah yang Maha Mulia dan Maha Agung, mengkaruniai apa yang diharapkan dan mengamankannya dari ketakutan. (HR.Ath.Thabrani)

Demikianlah yang bisa kami sampaikan lewat kultum ini, mudah-mudahan membawa manfaat bagi kita semua. Akhirul kalam, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

18 Responses to " Contoh Kultum Tema : "Tanda-tanda Orang Arif" "

  1. Alhamdulillah, sangat bermanfaat sekali kultumnya kang. Ditunggu lagi kultum selanjutnya kang.

    ReplyDelete
  2. Contoh kultum ini Bisa dijadikan bahan mentah. Tinggal ditambah dengan kalimat-kalimat sendiri saat penyampaian di depan hadirin dan hadirot...

    ReplyDelete
  3. Contoh kultum yang sempurna, bisa diikuti dengan mudah dan ide menambah pun mengalir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih jauh dari sempurna mba lisa mksh pujiannya

      Delete
  4. Saya sedang mendapat PR untuk membuat kultum, ini sangat membantu saya, juga memberikan inspirasi. Thank.

    ReplyDelete
  5. saya termasuk orang arif ngak ya heeheee

    ReplyDelete
  6. Semoga kita tergolong orang yang arif. Dan terus memperbaiki diri menjadi lebih baik. Kultum yang menarik dipagi hari.

    ReplyDelete
  7. intinya orang arif itu pasrah pada kebesaran Illahi sehingga senantiasa melakukan semua perintah dan menjauhi semua larangan-NYA ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas Yanto, semoga kita bisa menjadi org yg arif dan bijaksana

      Delete
  8. Makasih nih mas dzaky dewan, bentar lagi kan puasa, akan banyak org yag butuh ini

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis