Latest Updates

Konsep Dasar Pembelajaran

Berikut ini dijelaskan beberapa konsep dasar dalam pembelajaran yang harus anda ketahui.
  1. Mengajar Sebagai Proses Menyamaikan Materi
    Secara deskriptif mengajar diartikan sebagai proses penyampaian informasi atau pengetahuan dari guru kepada siswa. Proses penyampaian itu sering juga dianggap sebagai proses mentransfer ilmu. Dalam konteks ini, mentransfer tidak diartikan dengan memindahkan, seperti kita mentransfer uang. Sebab, kalau kita analogikan dengan mentranfer uang, maka jumlah uang yang dimiliki seseorang akan berkurang bahkan hilang setelah ditranfer kepada orang lain.
    Apakah mengajar juga demikian? Tentu saja tidak, bahkan mungkin saja ilmu yang dimiliki guru akan semakin bertambah. Oleh sebab itu kata mentranfer dalam konteks ini diartikan sebagai proses menyebarluaskan, seperti menyebarluaskan atau memindahkan api.
    Sebagai proses menyampaikan atau menambahkan ilmu pengetahuan, maka mengajar memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:
    1. Proses pengajaran berorientasi pada guru (teacher centered)
    2. Siswa sebagai objek belajar
    3. Kegiatan pembelajaran terjadi pada tempat dan waktu tertentu
    4. Tujuan utama pengajaran adalah penguasaan mata pelajaran
  2. Mengajar sebagai Proses Mengatur Lingkungan
    Tidak sedikit guru yang menganggap pembelajaran sebagai proses mengatur lingkungan dengan harapan agar siswa belajar. Untuk apa menyampaikan materi pelajaran kalau siswa tidak berubah tingkah lakunya.? Dengan demikian, yang penting dalam mengajar adalah proses mengubah perilaku. Dalam hal ini, mengajar tidak ditentukan oleh lamanya serta banyaknya materi yang disampaikan, tetapi dari dampak proses pembelajaran itu sendiri. Bisa jadi guru hanya beberapa menit saja di muka kelas, namun dari waktu yang sedikit itu membuat siswa sibuk melakukan proses belajar, itu sudah dikatakan mengajar.
Sumber: Buku Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif-Menyenangkan Karya: Prof.Dr.H.Hamruni,M.Si. Hal.33

2 Responses to " Konsep Dasar Pembelajaran "

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis