Latest Updates

Waktu Yang Tepat Untuk Mengenalkan Anak Gadget

Saat ini gadget bukan hal yang aneh lagi bagi anak-anak sekarang, anak sekarang banyak yang sudah kecanduan dalam memakai gadget. Hal ini tentu sangat tidak baik bagi perkembangan anak, bayangkan saja jika setip waktu mereka pegang gadget? Kapan mereka akan belajar, kapan mereka akan bersosialisasi dengan teman?
Gadget memang tak selamanya berpengaruh negatif karena gawai ini dapat menjadi media pembelajaran bagi sang anak agar tidak bosan. Namun, di sisi lain, penggunaan yang terlalu sering justru membuat anak ketergantungan, yang mengakibatkan sang buah hati menjadi anti sosial. Tidak mau anak kamu seperti ini kan, Moms?

Dalam menyikapi hal tersebut, sebaiknya Moms mengetahui kapan waktu yang tepat memberikan anak gadget. Seperti yang dikatakan Psikolog keluarga Astrid WEN, MPsi, pendiri PION Clinition dan inisiator Theaplay Indonesia, dalam pemberian gadget dapat disesuaikan dengan perkembangan usia anak.

"Memperkenalkan anak-anak ke gadget bisa di atas umur dua tahun, tapi jangan akrab dulu atau sering. Memang gadget sudah tidak bisa lagi terlepas dari kehidupan anak-anak karena dari lahir sudah di dunia digital, lahir saja sudah selfie, memang sudah familiar untuk anak-anak," ujar psikolog Astrid, saat ditemui di Senopati, Jakarta.

Semisal, jika anak sudah berusia lima tahun dapat mulai dengan memperkenalkan warna, bentuk, atau suara. Tentu tak lupa, Moms harus membatasi pemakaian gadget.

Terkait persepsi orangtua yang beranggapan bahwa anak menjadi lebih pintar karena terbiasa menggunakan gadget, Astrid menekankan bahwa pengenalan gadget harus mengikuti aturan main.

"Penggunaan waktu layar elektronik (termasuk komputer dan televisi) yang disarankan adalah 30–60 menit per hari. Bahkan untuk anak usia 0-2 tahun, dilarang sama sekali," tutupnya.

Jadi, sekarang Moms sudah tahu kan apa yang harus dilakukan pada anak dan kapan harus mengenalkan anak pada gadget? 

6 Responses to " Waktu Yang Tepat Untuk Mengenalkan Anak Gadget "

  1. Maksimal satu jam sehari ? aduh, justru anak-anak bisa 10 jam sehari, kecanduan dan keasikan bermain gadget sampai lupa makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dikurangi gan, nanti kecanduan nggak baik buat perkembangan belajar anak

      Delete
  2. susah rasanya kalau mau di ambil tuh, apalagi kalau lagi asik-asiknya maen game di ambil ya nangis

    ReplyDelete
  3. Lima tahun ya ternyata bolehnya apalagi yang merekomendasikan adalah psikolog anak, ahlinya. Kenapa mas ga diberikan sumber jelasnya.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis